PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD SEMBUNGHARJO 02

Sabila Diva Chrysantia, Yulina Ismiyati, Muhamad Afandi

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan berpikir kritis. model pembelajaran konvensional seperti ceramah dan tanya jawab menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah karena tidak memahami pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SD Sembungharjo 02. Metode yang digunakan adalah kuantitatif Jenis penelitian pre-eksperimental design berupa one proup pretest-posttest. Instrumen yang digunakan adalah tes yang diujikan pada 30 sampel. Hasil Uji validasi instrumen layak untuk digunakan. Hasil uji normalitas data awal  nilai sig. 0,085 >  (0,05). Hasil uji normalitas data akhir nilai sig. 0,077 >  (0,05) . Hasil  paired sample t-test nilai sig. 0,000 >  (0,05)  maka terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dari pretest dan posttest. Kesimpulannya terdapat pengaruh model snowball throwing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS.

Kata Kunci : Berpikir Kritis, Snowball Throwing


Full Text:

Untitled

References


Ahmadi, R. (2014). PENGANTAR PENDIDIKAN: Asas & Filsafat Pendidikan (R. KR (ed.)). AR-RUZZ MEDIA.

Bezanilla dkk, maria jose. (2019). Methodologies for teaching-learning critical thinking in higher education: The teachers view, Thinking Skills and Creativity. Elsevier Journal, 33.

Billa, A. S., Faradita, M. N., & Naila, I. (2023). Analisis Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran IPAS dari Perspektif Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1642-1650.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Ismiyanti, Y., & Permatasari, N. D. (2021). The effect of pictorial story media on critical thinking of grade 4 SDN 1 Pendem. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 118.

Putri, Y. E., & Chatri, M. (2019). The Effects of Snowball Throwing (ST) Model Aided by Activity Sheets with Nuances of Problem Solving on Student Skills. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT, 15(2), 191-194.

rizana, oktavia omega. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Mimbar Pgsd, 5(2), 1-11.

Rosidah, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.

Sumantri, M. S. (2022). MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR (I. Nurasiah (ed.)). Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Yasir, A. H., & Alnoori,.Prof. Bushra Saadoon Mohammed. (2020). Teacher Perceptions of Critical Thinking among Students and Its Influence on Higher Education. International Journal of Research in Science and Technology, 10(4).

Zaqiyaturrahma, E. (2013). Implementation of Cooperative Learning Model Snowball Throwing to Increase Activity and Learning Outcome. Classroom Action Research Journal, 1(1), 87-94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.