PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK DI KELAS V SD NEGERI KEDUNGUTER

Firyaal Hasna Azzulfa, Muhamad Afandi, Yulina Ismiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Daerahku Kebanggaanku dalam mata pelajaran IPAS melalui model pembelajaran project based learning berbantuan media scrapbook di kelas V SD Negeri Kedunguter. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang akan diteliti adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kedunguter yang berjumlah 25. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Penelitian ini mengukur hasil kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. Ranah kognitif diukur melalui hasil tes peserta didik, ranah afektif diukur melalui keaktifan peserta didik, dan ranah psikomotorik diukur melalui keterampilan kolaborasi proyek dan presentasi peserta didik. Aktivitas pendidik turut dinilai menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran, dan uji gain. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa model pembelajaran project based learning berbantuan scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri Kedunguter. Hasil belajar kognitif siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,00 meningkat pada siklus II menjadi 84,27. Pada ranah afektif, keaktifan peserta didik pada siklus I sebesar 64%, meningkat pada siklus II menjadi 83%. Sedangkan hasil belajar pada ranah psikomotor ditunjukkan dengan meningkatnya keterampilan kolaborasi proyek peserta didik pada siklus I dengan persentase rata-rata 63% menjadi 85%. Peningkatan juga terlihat pada penilaian keterampilan presentasi peserta didik, yang pada siklus I mendapat persentase rata-rata 65% meningkat pada siklus II menjadi 83%. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran project based learning berbantuan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Daerahku Kebanggaanku di kelas V SD Negeri Kedunguter.

Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, hasil belajar, project based learning, scrapbook


Full Text:

Untitled

References


Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1-19.

Afandi, M. (2017). Teori & Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: UNISSULA Press.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350-361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafiaah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Febryananda, I. P., & Rosy, B. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pelayanan Prima kepada Pelanggan di SMKN 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(04), 170-174.

Gulzar, A. A. (2021, April 14). Psychomotor Domain-Daves Taxonomy. Retrieved from Educare: https://educarepk.com/psychomotor-domain-daves-taxonomy.html

Kusumadewi, R. F. (2017). Menumbuhkan Kreativitas Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Praktik Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Permainan Ular Tangga. 1(2), 188-194.

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132-139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Prasetya, A. D., Ismiyanti, Y., & Sari, Y. (2023). Jurnal Pendidikan Sultan Agung JP-SA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(005).

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1)

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878


Refbacks

  • There are currently no refbacks.