KESIAPAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI TINGKAT SMP
Abstract
Revolusi Industri 4.0 adalah munculnya kombinasi teknologi diantaranya fisik, biologis dan digital disebut juga Cyber Physical System (CPS). Dari perkembangan tersebut mengkonversi tatanan kehidupan baik dari segi ekonomi, social, budaya dan termasuk Pendidikan. Perubahan dunia Pendidikan tersebut menuntut pendidik untuk meningkatkan dan mengembangkan kecakapan dalam memanfaatkan teknologi. Banyak guru menghadapi tantangan dalam mengembangkan keterampilan teknologi untuk mengintegrasikan alat dan platform digital dalam pembelajaran. Namun realitanya masih banyak guru mungkin tidak memiliki akses yang memadai ke pelatihan atau sumber daya dalam peroleh keterampilan tersebut. Selain itu guru juga masih kesulitan mengakses perangkat digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru PAI dan Budi Pekerti di Era Revolusi Industri 4.0 dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan kesiapan menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Metode yang digunakan adalah korelasional deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan pada variabel terdapat dua variabel yaitu kesiapan guru PAI dan budi pekerti (X) dan revolusi industri 4.0 (Y). Berdasarkan hasil analisis statistic menunjukkan bahwa Kesiapan guru PAI dan Budi Pekerti di tingkat SMP Kota Semarang mayoritas berada di kategori tinggi yaitu sejumlah 26 guru PAI (81,3%), kategori rendah yaitu sejumlah 4 guru PAI (12,5%) dan kategori rendah sejumlah 2 guru PAI (6,3%). Upaya guru PAI dan Budi Pekerti di tingkat SMP Kota Semarang mayoritas berada di kategori tinggi yaitu sejumlah 21 guru PAI (65,6%), kemudian kategori sedang sejumlah 7 guru PAI (21,9%), dan kategori rendah sejumlah 4 guru PAI (12,5%). Maka dalam hal ini dapat dinyatakan bahwa kesiapan guru PAI dan Budi Pekerti di Tingkat Kota Semarang mempunyai kesiapan yang baik dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.
Kata Kunci: Kesiapan, Guru PAI dan Budi Pekerti, Revolusi Industri 4.0
Full Text:
UntitledReferences
Bloom, Nicholas, and John Van Reenen, Inovasi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0, NBER Working Papers, 2013, 89
Dasna, I Wayan, Hakikat Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif, Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka, 2015, 1-61
Dian, Nita, and Lina Noersanti, Pengaruh Komunikasi, Disiplin, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pt. Extrupack Bekasi Barat, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 3, 2020, 1-25
Drajat, Konsep Pendidikan Anak Menurut Perspektif Zakiah Daradjat, 1995, 41-128
Fitra Ramadani, Neviyarni, and Desyandri, Analisis Tujuan Pendidikan Terhadadp Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.1 (2023), 321-33
Fitriani, Amel, Ayu Kartini, Mita Maulani, and Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Peran Guru Dan Strategi Pembelajaran Dalam Memenuhi Kompetensi Siswa Abad 21, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.2 (2022), 16491-98
Hartanto, C. F. B., Octavianus, S. (2022). Kesiapan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dalam Difusi Inovasi Teknologi Informasi Di Lembaga Pendidikan. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop And National Seminar, 13-14. Https://Jurnal.Polban.Ac.Id/Ojs-3.1.2/Proceeding/Article/View/4300%0Ahttps://Jurnal.Polban.Ac.Id/Ojs-3.1.2/Proceeding/Article/Download/4300/2824
Leste, I., Nenotek, S. A., Haan, A. E. M. De, Nifu, L. L., Lindimara, E., Kristen, U., & Wacana, A. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Perbatasan. 5(5), 1975-1984.
Mapossa, J. B. (2018). Teori-Teori Ekologi, Psikologi, Dan Sosiologi Untuk Menciptakan Lingkungan Pendidikan Islam. New England Journal Of Medicine, 372(2), 2499-2508.
Primanika. (2018). Metodologi Penelitian. Http://Repository.Uinbanten.Ac.Id/, 41-54.
Relani, I., & Nur Hidayat, E. (2019). Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Terhadap Online Service Terminal Petikemas Koja Jakarta. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 21(2), 120-128. Https://Doi.Org/10.37612/Gema-Maritim.V21i2.28
Simanjuntak, E. (2019). Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 1(2), 429-434. Http://Digilib.Unimed.Ac.Id/38825/
Tjahjono, A B, M A Sholeh, A Muflihin, K Anwar, H Sholihah, T Makhshun, and others, Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islami (BUDAI) (CV. Zenius Publisher, 2023)
Tjahjono, Ali Bowo, and Toha Makhsun, Motivasi Belajar Problematika Pendidikan Agama Islam Motivation to Learn: The Problem of Islamic Education, Prosiding KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 2, 2019, 1456
V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, and J.G.S.Souza, Efektivitas Game Marbel Muslim Kids Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Pembelajaran Yang Menyenangkan, Braz Dent J., 33.1 (2022), 1-12
Viana, Diyona Widya, Tantangan Pembelajaran Di Abad 21 Bagi Guru Indonesia, 2020, 1-5
Refbacks
- There are currently no refbacks.