IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Saily Mudzakirotun Anamy, Susiyanto ., Hidayatus Sholihah

Abstract


Dalam dunia pendidikan terdapat tantangan yang signifikan terkait dengan kelemahan dalam proses pembelajaran. Dalam konteks tersebut, sering kali siswa tidak didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir mereka secata optimal Terdapat berbagai model pembelajaran yang bisa mendorong siswa supaya aktif terlibat dalam proses belajar, merangsang kreatifitas dan kemandirian mereka dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang terdapat didalamnya yaitu model penemuan (Discovery). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model Discovery Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas IX MTsN 2 Grobogan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung di lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas IX MTsN 2 Grobogan berhasil dilaksanakan dengan baik.

Kata Kunci: Implementasi, Discovery Learning, pembelajaran Akidah Akhlak.


Full Text:

Untitled

References


Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.

Agustiar, I. D. L. pada P. A. A. di M. 2 A. (2021). Implementasi Discovery Learning pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Aceh. Implementasi Discovery Learning pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Aceh.

Ahmad Munjih Nasih, & Lilik Nur Kholidah. (2011). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Refika Aditama.

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). The Improve Ability to Think Critically through the Experimental Method. Proceeding Biology Education Conference, 16(Kartimi), 139-145.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191.

Nur Nasution, W. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Ittihad, I, 185-195.

Pettalongi, S. S., Jurusan, D., Stain, T., & Palu, D. (2009). Evaluasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran. TaDieb, 11(6), 1001-1012.

Sahaertain. (2012). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan.

sanjaya. (2010). Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Sardirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Tulus Tuu. (2014). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.