PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA JARIMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CAMPURAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELAS IV SD NEGERI KARANGROTO 01

Mega Trisyandi, Rida Fironika Kusumadewi, Muhamad Afandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri berbantuan media jarimatika pada materi operasi hitung bilangan campuran tehadap pemahaman konsep kelas IV SD Negeri Karangroto 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimental design. Populasi berjumlah 30 siswa dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu menjadikan seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri berbantuan media jarimatika (X), sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar kognitif pemahaman konsep matematika (Y). berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa data penelitian berupa nilai output pretest dan output posttest dengan signifikan 0,06>0,05 berdistribusi normal. Uji hipotesis terhadap pengaruh X terhadap Y diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000<0,05 yang berarti berpengaruh signifikan, dan pada uji gain ternormalisasi diperoleh nilai >0,03 yang berarti terdapat perbedaan nilai hasil sebelum dan sesudah X terhadap Y.

Kata Kunci: inkuiri, jarimatika, pemahaman konsep, matematika


Full Text:

Untitled

References


Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP TEGAL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 126.

Cahyaningtyas, S. (2023). Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Jarimatika Pada Konsep Operasi Hitung di MI YA BAKII Kuripan Kidul. 10.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 93.

Fitri Hamidah, A. F. (2022). Analisis penggunaan media pembelajaran jarimatika pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Conference of Elementary Studies.

Purwasih, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Peserta didik Mts Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1):16-25.

Gunardi. (2020). Inquiri based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dala pelajaran matematika. Workshop Nasional Penguatan Konpetensi Guru Sekolah Dasar, 2292.

Halidin. (2021). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar Peserta Didik Tehadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Imiah Kependidikan.

Husnidar, R. H. (2022). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi SPLDV Melalui model pembelajaran Think Talk Write. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 23.

Linda Nailil, R. F. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Scramble dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Sikap Kerjasama. Pengembangan.

Rida Fironika, N. U. (2019). Efektivitas model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemmapuan literasi di sekolah dasar. Sekolah Dasar.

Irfan, Nurul. (n.d.). Hubungan Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Isnawati. (2007). Model pembelajaran inkuiri terbimbing. 35.

N.P Sefnita Eka Sutarti, I. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika. Journal Of Education Action Research.

Prof.Dr.Budi Murtiyasa, M. (2015). Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Dalam Menghadapi Isu Isu Global. Seminar Nasional Matematika dan pendidikan matematika, 28.

Sani. (2014). Pembelajaran berbasis Inkuiri. 88.

Sobary, N. W. (2022). Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan Terhadap EfektifitasPembelajaran di SMAN 16 Bandung. 86.

Sukayati, S. W. (2009). Pembelajaran Tematik di SD. Sleman: pppptk matematika yogyakarta.

Syamsi, N. (2021). Pengaruh model pemebelajaran realistic mathematics education terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tapa Bone Bolango.

Muhamad Afandi, Evi Chamalah, O. P. W. (2009). Model dan metode pembelajaran di sekolah. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Issue 4).https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005

Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Mata kuliah Analisis Real. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif,4(6),1687-1698.

Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206-216. Kartono, Kartini., (1989)

Dharma, I.M.A., Suarjana, I.M., dan Suartama, I.K. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016 Di SD Negeri 1 Banjar Bali. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 1-10.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.