Implementasi Metode Problem Based Learning Dalam Menumbuhkan Daya Berfikir Kritis Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti

Dinanita Mu'alifatul Uyyun, Toha Makhsun, Moh. Farhan

Abstract


Problem Based Learning (PBL) merupakan pendekatan pembelajaran yang dimulai dengan menyelesaikan suatu masalah tetapi untuk menyelesaikannya masalah peserta didik harus memiliki pengetahuan baru agar bisa menyelesaikannya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan metode problem based learning dalam menumbuhkan daya befikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Adapun objek penelitiannya adalah peserta didik dan guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem based learning dalam implementasinya antara guru peserta didik dan lingkungan sekitar, saat proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran problem based learning terdapat peserta didik yang sangat aktif dan ada beberapa peserta didik yang pasif, dalam pembelajaran terdapat kendala tetapi guru dapat ditangani oleh guru dengan cara memberikan motivasi, memberi motivasi serta mengkondisikan peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Dalam implementasi metode pembelajaran problem based learning kurikulum yang digunakan sangat cocok digunakan, sapras, dan guru mempunyai kreativitas dan lingkungan yang nyaman.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam


Full Text:

Untitled

References


Ahyat, Nur. Edustiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam. Edusiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 24-31.

Aulia, Septri. Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial, 2023, 22.

Ema Alfita Sari, Qoryati Musyafahah, and Sunan Baidowi. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Sd Negeri 02 Candisari Purwodadi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 2023. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1635.

Febriani, D K. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI, 2022, 71.

Kisandi, Permadinata. Implementasi Model Based Learning Dalam Menciptakan Daya Berpikir Kritis Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih 18 (2023).

Nia Fatmawati. Analisis Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Khazanah: Journal of Islamic Studies 2, no. 1 (2023): 165-72.

Permadinata, Kisandi. Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Menciptakan Daya Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih, 2023, 24.

Pramono, Zulfiqar Hadi. Pengembangan Modul Pembelajaran Cam Untuk Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Cnc Dan Cam Smk Negeri 1 Magelang. Molucca Medica 11, no. April (2020): 13-45.

Qomariyah, Lailatul, Ali Bowo Tjahjono, and Toha Maksum. Implementasi Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran PAI. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU), 2019, 1348-55.

Rusda El Sabrina, Ulfatur, Guruh Sukma Hanggara, Setya Adi Sancaya, Universitas Nusantara, and Pgri Kediri. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving. Seminar Nasional Dalam Jaringan Konseling Kearifan Nusantara, 2022, 502-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.