Pengembangan Media Bata Berbasis Aplikasi Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III SD

Sovi Suwitaningsih, Rida Fironika Kusumadewi, Sari Yustiana

Abstract


Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media BATA (Bangun Datar) sebagai media dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III SD Negeri Karanganyar. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas III yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Developmnet) dengan tahapan model ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, development, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji kelayakan, uji kefeektifan, dan uji kepraktisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presentasi yang dihasilkan dari uji kelayakan adalah 90%ÙŽ denganÙŽ kategoriÙŽ “sangatÙŽ layakâ€. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa hasil respon guru memperoleh presentase 90% dan hasil respon siswa memperoleh presentase 84 % denganÙŽ ketegori “sangat praktisâ€. Hasil uji kefektifan menunjukkan bahwa nilai dari Sig. (2- tailed), adalah 0.001 < 0.05 hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna dari sebelum dan setelah penggunakan media BATA (Bangun Datar). Kesimpulan penelitian ini bahwa media pembelajaran BATA (Bangun Datar) sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Digital, Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401–412. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1004

Anwar, S. (2013). Penggunaan Langkah Pemecahan Masalah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan di Kelas VI MI Al-Ibrohimy Galis Bangkalan. Jurnal Pendidikan Matematika E-Pensa, 1(1), 1–6.

Azis, N., Pribadi, G., & Savitrie Nurcahaya, M. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Ingris Dasar Berbasis Android. 4(3), 1–5.

Chandra, R. D. A. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, i, u, e, o pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1).

Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. Prisma, 2, 917–927.

Hernawan, D. I., & Setiawan, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran MEHASAN Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 291–299. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1017

Maksum, D. T. J., & Zuhdi, U. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif “ILD†berbasis android dalam materi bangun datar sebagai media belajar siswa kelas 4 sekolah dasar. Jpgsd, 10(1), 182–192.

Nuroifah, N., & Syaiful Bachri, B. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dawarblondang Mojokert. Nisfatun Nuroifah , Bachtiar Syaiful Bachri. 1–10.

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (D. Sutopo. S. Pd, MT, Ir. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan Cetakan ke-2. Alfabeta Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.