SPIRITUALITAS DAN AKTIVITAS FISIK SEBAGAI FAKTOR PREDIKTOR TINGKAT STRES AKADEMIK Studi Observasional Analitik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang di Masa Post Pandemi COVID-19
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aditama, D. (2017). Hubungan Antara Spiritualitas dan Stres pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal eL-Tarbawi, 10(2), 39–62. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol10.iss2.art4
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 149. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/ jp.v14i2.9221
Apituley, T. L. D., Pangemanan, D. H. C., & Sapulete, I. M. (2021). Pengaruh Olahraga Terhadap Coronavirus Disease 2019. Jurnal Biomedik.
Chekroud, S. R., Gueorguieva, R., Zheutlin, A. B., Paulus, M., Krumholz, H. M., Krystal, J. H., & Chekroud, A. M. (2018). Association between physical exercise and mental health in 1·2 million individuals in the USA between 2011 and 2015: a cross-sectional study. The Lancet Psychiatry. https://doi.org/10.1016/S2215-0366(18)30227-X
Gerber, M., Ludyga, S., Mücke, M., Colledge, F., Brand, S., & Pühse, U. (2017). Low vigorous physical activity is associated with increased adrenocortical reactivity to psychosocial stress in students with high stress perceptions. Psychoneuroendocrinology, 80, 104–113. https://doi.org/10.1016/j.psyneuen.2017.03.004
Greenwood, B. N., & Fleshner, M. (2011). Exercise, Stress Resistance, and Central Serotonergic systems. Exercise and Sport Sciences Reviews, 39(3), 140–149. https://doi.org/10.1097/JES.0b013e31821f7e45
Maharani, A. S. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dan Kesehatan Mental Pada Usia Dewasa Muda Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
McCullough, M. E. (1995). Prayer and Health: Conceptual Issues, Research Review, and Research Agenda. Journal of Psychology and Theology, 23(1), 15–29. https://doi.org/10.1177/009164719502300102
Mujib, A., & Rena, S. (2019). The Moderating Effect of Spirituality on the Relationship Between Academic Life Stressors and Perceived Stress in Medical Undergraduate Students. https://doi.org/10.4108/eai.18-9-2019.2293361
Muslim, M. (2020). Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.
Nurmaliyah, F. (2014). Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(3), 273–282.
Prabamurti, G. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Pemicu Level Stres Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. e-Journal Medika Program Studi Pendidikan Dokter.
Prasetyo, S. E., Endriyani, L., & Mahfud. (2016). Hubungan Spiritualitas Dengan Tingkat Stres Pada Lansia Di Dusun Senowo Desa Argorejo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Yogyakarta.
Romadhona, D. S. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Malang.
Schultchen, D., Reichenberger, J., Mittl, T., Weh, T. R. M., Smyth, J. M., Blechert, J., & Pollatos, O. (2019). Bidirectional relationship of stress and affect with physical activity and healthy eating. British Journal of Health Psychology. https://doi.org/10.1111/bjhp.12355
Setiawan, H., Munawwarah, M., & Wibowo, E. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kebugaran dan Tingkat Stres pada Karyawan Back Office Rumah Sakit Omni Alam Sutera dimasa Pandemi Covid-19. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 3(1). https://doi.org/10.22219/physiohs.v3i1.16935
Setiawan, R., & Halim, S. (2023). Hubungan Aktivitas Fisik dan Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Jurnal Kesehatan dan Kedokteran Tarumanagara, 2(1).
Underwood, L. G., & Teresi, J. A. (2002). The Daily Spiritual Experience Scale: Development, Theoretical Description, Reliability, Exploratory Factor Analysis, and Preliminary Construct Validity Using Health-Related Data. Annals of Behavioral Medicine, 24(1), 22–33.
Wahyuni, E. N., & Bariyyah, K. (2019). Apakah spiritualitas berkontribusi terhadap kesehatan mental mahasiswa? Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1).
Wijaya, R., Ydewani, D., & Nagara, P. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Hybrid Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa di Masa Post Pandemi. Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Refbacks
- There are currently no refbacks.