ANALISIS PROBLEMATIKA KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGROTO 01

Wisnu Cahya Mukti, Yunita Sari, Rida Fironika Kusumadewi

Abstract


Cahya, Mukti, W. 2023 ANALISIS PROBLEMATIKA KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGROTO 01, skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Isam Sultan Agung, Yunita Sari, S.Pd., M.Pd., Dr. Rida Ffironika K., S.Pd., M.Pd.
Latar Belakang Masalah Salah satu keterampilan yang perlu ditanamkan pada siswa dan membutuhkan perhatian guru secara menyeluruh yakni keterampilan didalam berbicara. Keterampilan berbicara merupakan satu dari empat kemampuan berbahasa yang perlu ditanamkan agar kemampuan komunikatif siswa dapat dikembangkan secara maksimal. Kemampuan berbicara dalam hal ini bukan sekadar kemampuan siswa menyampaikan hal sederhana dalam percakapan biasa, tetapi juga kemampuan berbicara dalam situasi formalDesain penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana desain penelitiannya berisikan sebuah metode studi kasus yang menggunakan berbagai rancangan pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan angket, yang berfungsi untuk memperoleh sebuah informasi dan sebuah hasil yang didapat secara maksimal dengan menyajikan data dalam bentuk table yang berisikan pendiskripsian dari problemtika keterampilan berbicara pada siswa karena didalam penelitian1.Pengalaman keterampilan berbicara Paparan dibawah ini merupakan data hasil wawancara terhadap siswa 1 dari pertanyaan “ketika maju didepan kelas menyampaikan sebuah kalimat, apa yang kamu rasakanâ€: “ketika saya maju didepan kelas saya merasakan tidak adanya rasa gugup dikarenakan saya terbiasa maju didepan kelas untuk menyampaikan pesan dari guru biasanyaâ€.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya teman yang menurunkan rasa percaya diri sehingga menimbulkan rasa gugup dan kurang percaya diri ketika berbicara di depan kelas.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Percaya Diri, Diskriptif Kualitatif.

Full Text:

PDF

References


Masdar. 2022. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III melalui Penerapan Metode Pembelajaran Examples Non Examples di SDN 010 Bayasjaya. Primary: Jurnal Guru Sekolah Dasar 11(1): 56-63.

Yulismayanti dan Ahmad. 2019. Problematika Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Totobuang 7(1): 1-15.

Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626

Siti Ulfiyani. (2016). Pemaksimalan Peran Guru Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah. Ulfiyani, 12(September), 105–113. file:///E:/SNIPMD 2021 SEMESTER 7/PEMAKSIMALAN PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN.pdf

Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 618–625.

Ekaningtyas, D. P. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Sosiodrama. 13(2), 71–76. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i2.2368

Keisha, K., Padurenan, V. S. D., Di, I. I., & Tahun, B. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara melalui pendekatan komunikatif kelas v sd padurenan ii di bekasi tahun pelajaran 2016/2017. V(2).

Meita, P., Keterampilan, M., & Siswa, B. (2016). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SDN S4 BANDUNG. 1(1).

Hidayah, N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berbicara dengan Metode Role Playing pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Kependidikan, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1237

Maola, M., Kusumadewi, R. F., & Cahyaningtyas, A. P. (2021). Hubungan Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Kompetensi Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Wardhani, Sumarwati, & Purwadi. 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Sekolah Dasar: Penelitian Tindakan Kelas.BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya,Volume 4 Nomor 2, Oktober 2016.

Lailiyah, N. & Wulansari, W. 2016. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK Pgri 2 Kediri. JURNAL PENDIDIKAN Volume 1 Nomor 2 Tahun 2016.

Ningsih, S., 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri1Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali.Jurnal Kreatif Tadulako,2(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.