PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Nur Erlina, Samsudin .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Bagaimana berlangsungnya metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI, bagaimana guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode tanya jawab dalam proses pembelajaran PAI, bagaimana guru PAI dalam dapat mengamati keaktifan siswa dengan menggunakan metode tanya jawab di dalam pembelajaran PAI.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Jenis dan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan data menggunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, data display, verivication. uji keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian skripsi yang dilakukan oleh peneliti menyatakan penerapan metode tanyak jawab yang dilakukan oleh guru PAI di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang dilakukan dalam upaya guru PAI untuk meningkatkan keaktifan perserta didik dalam pembelajaran PAI di kelas. Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengarahkan guru menciptakan guru yang berkualitas dalam proses pembelajaran dengan menciptakan suasana yang cocok dalam pembelajaran dikelas dan tentunya dalam penguasaan metode pembelajaran termasuk dalam penggunaan metode tanya jawab dengan membangun keaktifan siswa dan memusatkan perhatian siswa kepada pendidik. yaitu dengan cara menyebarkan pertanyaan secara menyeluruh sehingga apabila dari siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru PAI akan diberikan berupa tambahan nilai.

Kata Kunci: penggunaan metode tanya jawab, pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Ahyat, n. (2017). manajemen dan pendidikan islam. EDUSIANA:JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN ISLAM, 24-31.

At-tarisul islamy, s. (2018). pengaruh intelegensi umum dan pergaulan teman sebaya terhadap perilaku belajar. 1-192.

Aulia. (2016). penerapan metode tanya jawab dalam betuk roda keberuntungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Aunurrahman. (2009). buku belajar dan pembelajaran. bandung.

Budi utomo, k. (2018). strategi dan metode pembelajaran agama islam MI.

Karim, a. (2017). implementasi pembelajaran aqidah dalam pengembangan kepribadian siswa.

Muharromi. (2019). Implementasi metode tanya jawab dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Jurnal stailhidayah pendidikan agama islam.

Nur nasution, w. (2017). strategi pembelajaran.

Ratnasari, R. d. (2021). upaya peningkatan kreatifitisas berfikir peserta didik pada muata pembelajaran PAI melalui metode tanya jawab. jurnal pendidikan dan kebuayaan.

Rio achmad, a. (2020). penerapan metode tanya jawab untuk miningkatkan keefektifan belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh. jurnal repository.uir, 1-85.

Shidiq, n. (2021). efektifitas penerapan metode tanya jawab terhadapt hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam.

Syah, d. (2007). perencanaan sistem pengajaran pendidikan agama islam. Jakarta.

Toyamah, N. (2004). Alokasi anggaran pendidikan di Era otonomi daerah : implikasinya terhadap pengelolaan pelayan pendidikan dasar. Jakarta.

Yusuf ahmad, M. (2017). hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran agama islam. 89-110.

Siti Maesaroh, (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Aagama Islam, Jurnal Kependidikan.

Desi Pristiwati, (2022). Pengertian Pendidikan, Journal.Universitaspahlawan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.