IMPLEMENTASI METODE AN-NASHR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENTERJEMAH AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MAN 1 KOTA SEMARANG

Amalia Nur Hdayah, Toha Makhsun, Ahmad Muflihin

Abstract


Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perencaan kemampuan menterjemah Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan untuk mengetahui pelaksanaan metode An-Nashr dalam meningkatkan kemampuan menterjemah Al-Qur’an pada pelajaran Al-Qur’an Hadis serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan menterjemah Al-Qur’an mata pelajaran Al-Qur’an Hadis XI MIPA 3 MAN I Kota Semarang. Jenis penelitian ini kualitatif dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini kepala sekolah, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan beberapa peserta didik. Analisis data yang digunakan yaitu dmereduksi data yang disajikan dalam bentuk deskriptif dan verifikasi dengan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini meliputi beberapa hal: Perencanaan dilakukan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP). Pelaksanaannya peserta didik aktif dalam proses pembelajaran sehingga memenuhi kategori yaitu mampu menterjemah per-ayat . Peningkatan metode An-Nashr dilakukan dengan evaluasi pembelajaran pelaksanaan metode an-nashr dapat dilakukan dengan cara penilaian penilaian harian bisa dari segi setoran hafalan maupun dari ulangan harian (evaluasi formatif).

Kata Kunci: Metode An-Nashr, peningkatan kemampuan, menterjemahAl-Qur’an, Al-Qur’an Hadis , MAN 1 Kota Semarang.

Full Text:

PDF

References


Agama, Kementerian. 2004. Kurikulum Madrasah Aliyah Dan Standar Kompetensi Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Aliyah, Nasichatul. 2022. “Implementasi Metode An-Nashr Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Terjemah Ayat Al-Qur’an Pada Siswa MTs NU Pakis.†UIN Malaulana Malik Ibrohim.

Apriadi, Edi. 2020. “Memahami Al-Qur’an Melalui Proses Penerjemah Al-Qur’an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Terjermah Al-Qur’an Yayasan Islam Tarbitahtul Banin, Cirebon).†Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Lutfiah, Fifi. 2011. “Hubungan Antara Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Al-Qur’an Siswa MTS Asy-Syukriyyah Cipondoh Tangerang.†UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muzdalifah. 2008. “Psikologi Pendidikan.†: 279.

Ngalim Purwanto, M. 2006. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachman Assegaf, Abd. 2013. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam Hadharah Keilmuan Klasik Sampai Modern. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukiman. 2011. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.

Taufik, Muhammad. 2013. Belajar Cepat & Mudah Terjemah Al-Qur’an Metode An-Nashr Buku Panduan Guru 1. Malang: UM Press.

———. 2020. Belajar Cepat & Mudah Terjemah Al-Quran Metode An-Nashr Buku Pedoman Guru. wajak: Yayasan Pesantren Dan Pendidikan An-Nashr.

Taufik, Muhammmad. 2020. Belajar Cepat & Mudah Terjemah Al-Qur’an Metode An-Nashr (Buku Panduan Guru 1). IV. malang: Yayasan Pesantren Dan Pendidikan An-Nashr.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.