UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI STRATEGI EKSPOSITORI DI MI TARBIYATUL KHAIRAT KOTA SEMARANG TAHUN 2022/2023

Maulana Hidayatullah, Hidayatus Sholihah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi pada lembaga Pendidikan yang peneliti jadikan sebagai tempat penelitian, yaitu MI Tarbiyatul Khairat Semarang, dimana terdapat sebuah masalah yaitu: kurangnya motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih melalui strategi ekspositori di MI Tarbiyatul Khairat Semarang. Kedua, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam upaya guru meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih melalui strategi ekspositori di MI Tarbiyatul
Khairat Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Upaya guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar diantaranya : guru memberikan contoh yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, memberikan reward dan punishment dari apa yang dilakukan peserta didik dalam pembelajaran, memberikan support tentang harapan ke depan, memberikan umpan balik yang dimana ketika peserta didik itu mendapat nilai yang baik sebab peserta didik itu dapat menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru tersebut. (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik antara lain : diri dari peserta didik itu sendiri, sarana dan prasana dari sekolah, dukungan dari orang tua yang menitipkan di MI Tarbiyatul Khairat, serta dari guru itu sendiri yang mampu memberikan pengajaran yang baik. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya minat membaca, menulis terlebih lagi menulis tulisan arab, alokasi waktu yang sedikit, komunikasi yang kurang dari peserta didik kepada guru.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Strategi Ekspositori.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2021). Efektivitas Strategi Pembelajaran Ekspositori dengan Penerapan Media Pembelajaran Video Pada Materi Tumbuhan Hijau. Journal of Educational Science and Technology (EST).

Djiwandono, S. E. wuryani. (2002). Psikologi Pendidikan. PT Grasindo.

Fahreza, F., & Husna, N. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, 4(2), 37–48.

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Refika Aditama.

Hartono, R. (2014). Ragaam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Diva Press.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Mawati, A. tentrem. (2021). Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh motivasai dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4.

Nduru, M. (2021). Perbandingan Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori dan Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Pembangunan Ekonomi. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 4.

Nugroho, A. G. (2021). Faktor Penghambat Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN Keraton 5 Martapura. Jurnal Terapung, 3, 20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.