HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU DALAMPENCEGAHAN SKABIES DI PONDOK PESANTREN AL FADLLUL WAHID NGANGKRUK BANDUNGSARI

Renata Kartika Sari, Imam Djamaluddin Mashoedi, Menik Sahariyani

Abstract


Skabies adalah infeksi kulit dimana penularannya terjadi secar kontak langsung dengan penderita yang disebabkan oleh parasit Sarcoptes scabiei varian hominis. Perilaku yangbaik terhadap diri merupakan pencegahan terjadinya skabies. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya hubungan tibgkat pengetahuan dengan perilaku dalam pencegahan skabies di pesantren.

Penelitian ini secara observasional dengan pendekatan cross sectional study. Dengan sampel 81 responden yang menggunakan teknik simple random sampling.

Hasil data yang diperoleh dengan uji korelasi spearman’s (r = >0,20-0,399) 0,378 dalam kategori rendah. Dan uji frekuensi pengetahuan dalam kategori sedang sebanyak 52 responden (64,2%) serta uji frekuensi perilaku dalam kategori kurang yaitu sebanyak 54 responde (66,7%). Uji ini digunakan untuk mengetahui keeratan hubungan dua variabel.

Dari hasil yang telah diuji dapat disimpulkan bahwa pengetahuan terhadap perilaku yang kurang baik dapat meningkatkan terjadinya infeksi penyakit skabies.

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Perilaku, Skabies.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, K. Y. 2020. ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kejadian Skabies di Pondok Pesantren’, JurnalMedika Hutama, vol. 2, no. 1, hh. 261-265.

Aminah, P., Sibero, H. T., & Ratna, M. G. 2015. ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kejadian Skabies’, J Majority, vol. 4, no. 5, hh. 54-59.

Anthia Ayu N. 2018, ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Personal Hygiene Dengan Kejadian Penyakit Skabies di Lingkungan Pondok Pesantren Kabupaten Jember’ [Skripsi], Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Jember.

Fandik M. 2017, ‘Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Skabies di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadun Desa Tegalarum Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan’ [Skripsi], Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan BhaktiHusada Mulia, Madiun.

Nilam Nur S. 2017, ‘Hubungan Personal Hygiene dan Kepadatan Human dengan Kejadian Skabies Pada Santri di Pondok Pesantren Yayasan Islam Daud Kholifa Semen Magetan’ [Skripsi], Program Studi Kesehatan Masyarakat Stikes Bhakti Husada Mulia,Madiun.

Pratama, T. S., Septianawati P., Pratiwi, H. 2017. Pengetahuan, Sikap, Kebersihan Personal dan Kebiasaan Pada Santri Penderita Penyakit Skabies di Pondok Pesantren. MEDISAINS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, Vol. 15 No, 3, Desember 2017. Hal: 173-178.

Pratiwi, IT. 2016. Hubungan Kejadian Skabies dengan Pengetahuan Santri di Pondok Pesantren Aulia Cendekia Talang Jambe Sukarame Palembang. Skripsi pada Jurusan Kedokteran Universitas Sriwijaya yang tidak dipublikasikan.

Pratiwi Putri M. 2018, ’Analisis Faktor Scabies Pada Santri Laki-Laki di Pondok Pesantren Al-Hasan Ponorogo’ [Skripsi}, Program Studi Pendidikan Ners, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga, Surabaya.

Putri, I. P. N., Wibowo, D. A., Nugrahaeni, A. 2016. ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Santri Dengb Perilaku Pencegahan Skabies di Pondok Pesantren Darut Taqwa Bulusan Semarang Tahun 2016’, Jurnal Kedokteran Diponegoro, vol. 5, no. 4, hh. 1064-1073.

Ridwan, S. 2017. Hubungan Pengetahuan, Personal Hygiene , dan Kepadatan Hunian dengan Gejala Penyakit Skabies Pada Santri di Pondok Pesantren Darul Muklisin Kota Kendari 2017. JIMKESMAS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat).

Riris Nur R. 2010, ‘Hubungan Antara Faktor Pengetahuan dan Perilaku Dengan Kejadian Skabies di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta’ [Skripsi], Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Rosa, Diana N., & Agus F. 2020, ‘Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Skabies dan Personal Hygiene dengan Kejadian Skabies di Puskesmas Selatan 1, Kecamatan Singkawang Selatan’, CDK, vol. 47, no. 2, hh. 97-102.

Santiya, S. 2017, ‘Gambaran Kejadian Skabies, Gejala Klinis, Faktor Risiko dan Penatalaksanaannya di Kalangan Anak-Anak di Desa Nelayan Kecamatan Medan Marelan’ [Skripsi], Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokterasn Universitas Sumatera Utara, Medan.

Shofiul F. 2017, ‘Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Penanganan Skbies Terhadap Personal Hygiene Santri (Studi Kasus di Pondok Pesntren darussaam Desa Sengon Kabupaten Jombang)’ [Skripsi], Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika, Jombang.

Sitorus, Desi F. 2014, ‘Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Siswi SMA Kelas XII Terhadap Skabies di Asrama Putri Santa Clra Pematangsiantar’ [Skripsi], Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommesen, Medan.

Tsalsa Dzikria S. 2020, ‘Hubungan Antara Faktor Pengetahuan dan Perilaku Dengan Kualitas Hidup Penderita Skabies di Pondok Pesantren Se- Malang Raya’ [Skripsi], Program Studi Pendidikn Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.