PENINGKATAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT BPR BKK DEMAK (PERSERODA) KABUPATEN DEMAK MELALUI INSENTIF DAN PENDEKATAN JOB DESIGN

Adhelia Amy Safitri, Sri Wahyuni Ratnasari

Abstract


Laporan ini bertujuan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan/urgensi, yang peneliti temukan di PT BPR BKK Demak (Perseroda) KAB Demak terkait kurangnya motivasi kerja karyawannya. Namun setelah diberikan penawaran Insentif untuk menaikan motivasi kerja karyawan, Insentif masih belum terserap secara maksimal. Oleh sebab itu maka target target yang ditetapkan belum didapat secara maksimal. Solusi yang penulis berikan berdasarkan oleh teori yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif, dimana penelitian yang menggambarkan fenomena di lapangan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di kantor pusat PT BPR BKK Demak (Perseroda) KAB Demak, dan yang digunakan sebagai informan dalam penelitian yaitu karyawan kantor. Hasil dari penelitian menemukan indikasi masalah yang muncul pada PT BPR BKK Demak (Perseroda) KAB Demak yaitu masih kurangnya motivasi kerja karyawan setelah diberlakukannya sistem pemberian Insentif kerja karena faktor utama yaitu belum tercapaian target penilaian kantor. Digunakan teori penerimaan insentif dan teori Job design (desain kerja) untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Kata kunci : Motivasi kerja, Insentif, Job design

Full Text:

PDF

References


Dhiona Ayu Nani1, C. A. (2020). EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INSENTIF BAGI MANAJER DAN KARYAWAN. Jurnal Bisnis Darmajaya, Vol. 06, No. 01, 44-54.

Dr. H. Bukman Lian, M. M. (2017). KEPEMIMPINAN DAN KUALITAS KINERJA PEGAWAI (Vol. 1). (D. W. Nuzulia, Penyunt.) palembang: NoerFikri Offset.

Edi, F. R. S. (2016). teori wawancara Psikodignostik. Penerbit LeutikaPrio.

Kawiana, I. G. (2020). Manajamen Sumber Daya Manusia “MSDM†Perusahaan. Denpasar-Bali: (UNHI) Press Kampus Universitas Hindu Indonesia.

Nurul Huda, S. M. (2020). Manajemen SDM (Analisis Kinerja Karyawan pada Perusahaan). Sumatra Barat: CV INSAN CENDEKIA MANDIRI.

Rahadi, D. D. (2010). Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. MALANG: TUNGGAL MANDIRI PUBLISHING.

Ruslan Efendi, J. L. (2020). PENGARUH UPAH DAN INSENTIF KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MILANO PANAI TENGAH. JURNAL ECOBISMA, 7 NO 2, 1-11.

Simatupang, H. (2019). PERANAN PERBANKAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM), 136-146.

Sinambela, P. D. (2016). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. jakarta: PT Bumi Aksara.

Suseno1, M. N. (2010). Pengaruh Dukungan Sosial dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Organisasi dengan Mediator Motivasi Kerja. JURNAL PSIKOLOGI, 94-109.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.