Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Loyalitas Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan PT. Mita Furniture Jepara)

Mahartir Muhammad, Lutfi Nurcholis

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui gaya kempemimpinan dan motivasi yang dapat meningkatkan loyalitas kinerja karyawan sehingga penelitian ini mengambil: pengaruah gaya kepemimpinan dan motivasi kinerja karyawan terhadap kinerja karyawan dengan loyalitas sebagai variabel intervening. dalam penelitian ini menggunakan sampel 100 responden. Metode Analisis data menggunakan uji statistic dengan menggunakan Teknik analisis regresi linier berganda, korelasi gandan, koefisiensi determinasi dalam uji hipotesis. Hasil pengujian penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap loyalitas kerja karyawan yang di dominasi paling berpengaruh adalah motivasi kerja. Yang di tandakan uji persamaan linier regresi berganda pada penelitian ini adalah Y = 16,202 + 0,267 X1 + 0,384 X2 + 0,122 M + e. Nilai konstanta sebesar 16, 202 menyatakan bahwa jika variabel independent dianggap kostanta (o), maka nilai rata-rata kinerja karyawan adalah sebesar 16,202. Koefisien gaya kepemimpinan (X1) sebesar 0,267. motivasi kerja (X2) sebesar 0,384 Loyalitas Karyawan (X3) sebesar 0,122. sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan loyalitas karyawan di PT. Mita Furniture Jepara.

Kata Kunci: Kinerja karyawan, Gaya Kepemimpinan dan Loyalitas Kerja

Full Text:

PDF

References


Adiwibowo, A. S. (2012). Kepemimpinan Dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan RSJ Menur Surabaya. Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 41-58.

Arep, Ishak dan Hendri, Tanjung. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: UniversitasTrisakti.

Fatmawati, Alvina Puspha Fiki Wahyu Hidayat, Reni Shinta Dewi. 2013. Pengaruh Motivasi, Kompensasi melalui Kepuasan Kerja terhadap Kinerja karyawan (studi kasus PT. Pelindo III Semarang). Diponegoro Journal of Social and Politic, hal 1-10. Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2017. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Martiwi, R. T. (2012). Faktor–Faktor Penentu yang Mempengaruhi Loyalitas Kerja Karyawan.

Purwanto, Ngalim, 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruyatnasih, dkk. (2013), Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Operator SPBU PT. Mitrabuana Jayalestari Kerawang, Jurnal Manajemen, Vol. 10, No. 3.

Sani, Achmad S dan Vivin Maharani. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen Sumberdaya Manusia: Teori, Kuesioner dan Analisis Data. Malang.UIN-MALIKI Press.

Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis (Edisi 4). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.