ANALISIS GENERAL LIFE SKILL (GLS) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAIUPAYAPENANAMANPENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IVDI SDIQU AL-BAHJAH CIREBON

Wikoyatuz Zahroh, Muhamad Afandi, Jupriyanto .

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang dari pentingnya diintegrasikan general life skill terutama dalam pendidikan kewarganegaraan dalam rangka penanaman pendidikan karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana bentuk general life skill dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya penanaman pendidikan karakter siswa Kelas IV SDIQu Al-Bahjah Cirebon dan apa saja faktor pendukung dan penghambat general life skill dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya penanaman pendidikan karakter siswa kelas IV SDIQu Al-Bahjah Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yang bertumpu padadata primer dan data sekunder. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka diperoleh hasil yaitu bentuk general life skilldalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya penanaman pendidikan karakter siswa kelas IV SDIQu Al-Bahjah Cirebon ialah guru mengintegrasikan GLS dalam pembelajaran PKN kemudian diperoleh beberapa karakter mendasar dari nilai-nilai pendidikan kewarganagaraan seperti karakter pembela, penjaga, maupun rela berkorban, disiplin,dan semua itu dibangun dalamgeneral life skill sebagai sebuah kecakapan personal. Adapun general life skill sebagai kecakapan sosial seperti karakter saling membantu, bekerjasama dan lain sebagainya.Adapun faktor pendukung dan penghambat general life skill dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya penanaman pendidikan karakter siswa kelas IV SDIQu Al-Bahjah Cirebon ialah pada faktor pendukung yaitu sekolah dengan segala perangkatnya (kepala sekolah dan guru) yang menyediakan sarana serta menjadi pengawas peserta didik.Adapun faktor penghambatnya ialah orang tua peserta didik, yang cenderung tidak memperhatikan pengembangan karakter anak di rumah.

Kata Kunci: Generallife skill, PKN, Pendidikan Karakter.

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z., (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Ahmadi, (2013). Manajemen Kurikulum: Pendidikan Kecakapan Hidup. Yogyakarta: Pustaka Ifada.

Alpian, Y., (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, Vol 1. No 1 Hal. 66-72.

Anwar, (2018). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabeta.

Faizah, N. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah di SMA Negeri 2 Klaten. PROSIDING SEMINAR NASIONAL: Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era RevolusiIndustri 4.0., 108–115.

Hulukati, W., (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Musawa, Vol. 7 No. 2. Hal. 265-282.

Lima, S., S., (2018). Peran Keluarga Terhadap Pembinaan Karakter Anak di Desa Taen Terong Satu Kecamatan Riung Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.

Munandar, S., A., (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol2 No. 1. Hal. 1-8.

Najib, A., (2016). Penerapan Metode Go A Round dalam Meningkatkan Kecakapan Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016.Skripsi. IAIN Kudus, Kudus.

Pertiwi, A., M., (2016). Kecakapan Hidup (Life Skill) Anak Jalanan Usia 4-5 Tahun (Studi Kualitatif di Master Terminal Depok, Jawa Barat. Skripsi.Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.