Pengaruh Pembelajaran Outing Class Dengan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN Kedungbokor 03

Zain Arfaeni Putri, Nuhya Ulia, Yunita Sari

Abstract


Belum tepatnya penggunaan pendekatan pembelajaran dan kurangnya pembiasaan melatih kemampuan literasi numerasi mengakibatkan kompetensi yang dimiliki siswa rendah atau kurang. Tujuan dalam penelitian untuk melihat keterpengaruhan pembelajaran outing class terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Penggunaan metode dalam penelitian yakni kuantitatif dengan pre-experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data hasil penelitian pada pre-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 36,5 sedangkan post-test diperoleh rata-rata sebesar 81,6. Hasil uji hipotesis nilai T hitung 14,449 sedangkan T tabel 2,120. Artinya Thitung > Ttabel, maka H1 diterima. Maka kesimpulannya yaitu ada pengaruh pembelajaran outing class terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN Kedungbokor 03. Berdasarkan hasil analisis indikator literasi numerasi 70% siswa mencapai indikator 1, 76% mencapai indikator 2, dan 41% siswa mencapai indikator 3. Berdasarkan hasil tersebut guru diharapkan mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran outing class melalui pendekatan realistik dengan lebih menekankan kepada pemahaman konteks dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari serta pengambilan keputusan dalam soal.

Kata Kunci: outing class, pendekatan matematika realistik, literasi numerasi

Full Text:

PDF

References


Diva, Sadana Aura, Khafidin, Darul, & Kudus, Universitas Muria. (2022). Pengaplikasian pmri dengan soal hots guna meningkatkan kompetensi literasi numerasi dalam asesmen kompetensi minimum. Kalamatika : Jurnal Pendidikan Matematika.4(1),138–148.

Hardianti, Fitri. (2019). Urgensi Kemampuan Komunikasi Matematis Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dasar. 2(6), 499–508.

Kusmaryono, Imam. (2020). Interaksi Gaya Mengajar dan Konten Matematika sebagai Faktor Penentu Kecemasan Matematika. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 9, 143–154.

Kusumadewi, Rida Fironika, Ulia, Nuhyal, & Ristanti, Nesti. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 11–16. https://doi.org/10.17977/um009v28i12019p011

Ningsih, Seri. (2017). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. jurnal pendidikan matematika. 01(2), 73–94.

Novita, Nanda. (2021). Asesmen Nasional ( AN ): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. jurnal ilmu sosial dan pendidikan. 5(1). 2598-9944

Putika sari, Via, & Sayekti, ika candra. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Kompetensi Dasar Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. jurnal Basicedu. 6(3), 5237–5243.

Ratnasari, Khurin’In. (2020). Efektivitas Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Capaian Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Journal on Mathematics Education, 155–167.

Rohim, Abdur, & Asmana, Arezqi Tunggal. (2018). Efektivitas Pembelajaran di Luar Kelas ( Ootdoor Learning ) Dengan Pendekatan PMRI. Jurnal pembelajaran matematika. 5(3), 217–229.

Salvia, Nayla Ziva, Sabrina, Fadya Putri, & Maula, Ismilah. (2018). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. Jurnal Pembelajaran matematika. 2(4), 112-132

Ulia, Nuhyal. (2021). Mathematical disposition of students ’, teachers , and parents in distance learning : A survey. 11(May), 147–159. https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.8869

Widiansyah, Apriyanti, Sitasi, Cara, Widiansyah, :, Peranan, ), Daya, Sumber, Sebagai, Pendidikan, & Penentu, Faktor. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala


Refbacks

  • There are currently no refbacks.