PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN KEBANGSAAN BERBASIS METODE AL-MIZAH AL-MIFTAHIYYAH

Miftah Maulana Habiburrohman, Moh. Farhan, Toha Makhshun

Abstract


Pendidikan Islam berwawasan kebangsaan adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan elemen penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi di tengah gempuran paham-paham transnasional yang menjadi virus berbahaya dalam kontestasi berbangsa dan bernegara, maka Pendidikan Islam berwawasan kebangsaan sangat diperlukan. Dalam proses pembelajaran kadang penyampaian materi wawasan kebangsaan cenderung membosankan dan kurang menarik, apalagi ditambah konten materi yang sulit untuk dipahami, maka harus ada terobosan dalam penyampaian pendidikan Islam berwawasan kebangsaan. Dalam hal ini peneliti akan menawarkan suatu metode baru dalam Pendidikan Islam berbasis metode al-Mizah al-Miftahiyyah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi pelaksanaan pendidikan Islam berwawasan kebangsaan dengan metode al-Mizah al-Miftahiyyah. Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah yang harus dijawab, yaitu, bagaimana konsep pendidikan Islam berwawasan kebangsaan, bagaimana pendidikan berbasis metode al-Mizah al-Miftahiyyah, dan terakhir apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan Islam berwawasan kebangsaan berbasis metode al- Mizah al-Miftahiyyah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam berwawasan berbasis metode al-mizah al-miftahiyyah mencakup pendidikan cinta tanah air dan pendidikan Pancasila, kebinekaan, toleransi dan menghormati local wisdom. Metode yang digunakan di sini menggunakan humor, cerita, menyanyi, dengan permainan, dan yang khas adalah adanya muqtadha al-hal atau kontekstualisasi dalam pelaksanaannya. Kemudian metode ini dilaksanakan secara dialogis. Dalam metode ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, pertama, kelebihan metode ini, peserta didik akan mampu mencapai hasil maksimal, peserta tidak mudah mengalami kejenuhan dalam belajar dan ada interaksi edukatif antar guru dan murid. Adapun kelemahannya, diantaranya adalah, bahwa tidak semua pendidik mampu menerapkan hal itu, kemudian kesesuaian metode dan materi pembelajaran atau tidak universal, dan membutuhkan durasi waktu yang lebih panjang dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Wawasan Kebangsaan dan Metode Al-Mizah Al- Miftahiyyah

Full Text:

PDF

References


A. Fatah Yasin. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Abdul Khobir. “Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif.†Jurnal Forum Tarbiyah Vol. 7, No. 2 (2009).

Abdul Rozak, A Ubaidillah. Pancasila, Demokrasi, HAM, Masyarakat Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Abdurahman Fathoni. Penelitian & Tekhnik Penyusunan Skripsi. Jakarta: RinekaCipta, 2011.

Abdurrahman Wahid. Nasionalisme, Tasawuf Dan Demokratisasi. Kompas, 2001. Abu Abd Fatah, Ghudda. Strategi Pembelajaran Rasulullah. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005.

Abudin Nata. Al-Quran Dan Hadist. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.

Agus Tohawi. “Tafsir Ayat-Ayat Ke-Pancasilaan.†Junral Spiritualis,IAI Nganjuk, 2021.

Anggi Wahyu Ari. “Sejarah Tafsir Nusantara.†Jurnal UIN Raden Patah Palembang, 2019.

Arafah. “Membincang Integritas Kebangsaan Generasi Muda Balikpapan.†Journal of Education, Makasar 2020.

Ariefa Efianingrum, Andriani Purwastuti. “Model Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Bagi Anak Usia Dini Sebagai Saranan Integrasi Bangsa.†Journal Pendidikan, UIN Sunan Kali Jaga, 2022.

Asmuri. “Prinsip Memberikan Kemudahan Dan Menyenangkan Dalam Proses Pendidikan (Suatu Tinjauan Dalam Perspektif Hadist),.†Jurnal Kependidikan Islam, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia, 2015.

Baharudin. Pendidikan Dan PsikologiPerkembangan. Yogyakarta: ArRuzz Media, n.d.

Bakry Noor M. Pancasila Yuridis Kenegaraan. Yogyakarta: Liberty, 1994.

Basri, Nawang Retno Dwiningrum. “The Implentation of National Insight Education in Balikpapan City.†Jurnal Pendidikan Pembangunan Dan Kebijakan, Balikpapan 2020.

Cholisin. Diktat Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Yogyakarta: UNY Press, 2004.

Craswell. Qualitative Inguiry& Research Design: Choosing Amoong Five Aproach, Third Edition. USA: SAGE Publition, 2013.

Darmasyah. Strategi PembelajaranMenyenangkandengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Departemen Agama RI. Al-Quran Dan Terjemahannya. Bandung: Syugma Examedia Arkanleema, 2009. “Departemen Pendidikan Nasional, Panduan Pelaksanaan.†T. P, T. T.

Dewi Tresnawai. “Perencanaan Game Edukasi Tebak Gambar.†Jurnal Algoritma Vol. 15, No. 1 (2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.