PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TLOGOSARI RAYA KELURAHAN TLOGOSARI KULON KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG

M. Igal Saputra, Mohammad Agung Ridlo, Rachmat Mudiono

Abstract


Abstrak - Jalan Tlogosari Raya Kelurahan Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan merupakan daerah komersial , jalan tersebut mempunyai permasalahan lahan parkir yang terbatas menyebabkan terjadinya parkir di badan jalan, sehingga menghambat kinerja lalu lintas dan akhirnya terjadi kemacetan. Metode yang digunakan yaitu meotode kuantitatif yang menekankan pada masalah pengaruh penggunaan ruang parkir pada badan jalan terhadap kinerja ruas jalan. Teknik pengumpulan data merupakan survei, pedoman yang digunakan yaitu manual kapasitas jalan Indonesia 1997 dengan variabel penelitian data volume lalulintas, kapasitas jalan, volume parkir, dan derajat kejenuhan (v/c). Hasil Analisa dapat disimpulkan bahwa parkir pada badan jalan mempengaruhi kinerja lalu lintas ruas Jalan Tlogosari Raya pada jam tertentu, yaitu pada jam masuk kerja atau sekolah maupun pulang kerja atau sekolah. Penurunan kinerja ruas jalan yang dipengaruhi kendaraan parkir di badan jalan terjadi pada sore hari pada pukul 16.00 – 17.00 dengan nilai v/c 0,56 yang dimana aliran konstan, namun kecepatan dibatasi oleh kapasitas, tingkat kepadatan sedang, jika tidak dipengruhi kendaraan parkir dibadan jalan nilai v/c 0,42 aliran konstan, tingkat kepadatan rendah namun kecepatan rata rata 46,55 km/jam.

Kata kunci : Parkir, Kapasitas, Kinerja, Kecepatan

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, R. (2011). Manajemen Transportasi Darat Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas di Kota Besar. Jakarta: Graha Ilmu.

Andre, G. Dirgantara, D. B. Hari, K. dan Ismiayati. (2017). Analisa Dampak Lalu Lintas Akibat Keterbatasan Lahan Pada Ruang Parkir Pasar Tradisonal Di Kota Semarang. Jurnal Karya Teknik Sipil, Volume 6. Nomor. 1.

Aisyah Basri. (2017). Analisis Dampak Parkir Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Sekitar Mall Panakkukang, Jurnal Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.

Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum.

Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat. (1996). Pedoman Tekniks Penyelenggaraan Fasilitas Parkir.

Departemen Perhubungan Direktur Jendral Perhubungan Darat. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta. Departemen Perhubungan

Direktur Jendral Perhubungan Darat.

Departemen Perhubungan. (1994). Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 4 Tahun 1994 tentang Tata Cara Parkir Kendaraan Motor di Jalan. Jakarta.

Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1998). Pedoman Perencanaan Dan Pengoprasian Fasilitas Parkir.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1996) Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, 1997. “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)â€.

Hobbs, F.D. (1995). Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : 272/hk.105/DRJD/96 tentang pedoman teknis penyelenggaraan fasilitas parkir direktur jenderal perhubungan darat.

Kusmianingrum, D. (2010). Identifikasi Pengaruh Parkir Dibadan Jalan Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Ki Samaun Tangerang. Jurnal PLANESATM, Vol 1, No. 2.

Maya Sari Dewi, (2007). Workhsop Metode Ilmiah dan Metodologi Penelitian Bidang Bisnis, Banjarmasin.

Menteri Perhubungan. (2006). Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan. Jakarta. Menteri Perhubungan.

MKJI (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Ofyar, Z. Tamin (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung, Indonesia: Penerbit ITB

Patmadjaja, H. Setiawan, R. Urbanus, J. Tjahjaputra, P. (2003). Pengaruh Kegiatan Perpakiran Dibadan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan. Civil Engineering, Vol.5 No. 2.

Purwanto, (2008). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ricky. Yany, M. Ida, F. dan Walujodjati, E. 2016. Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan. Jurnal Konstruksi Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shabrinawati, A. dan Suwandono, D. (2016). Kajian Perilaku Masyarakat Terhadap Keterbatasan Lahan Parkir pada Kawasan Komersial di Koridor jalan Tlogosari Raya Kota Semarang. RUANG, Vol.2 No.4

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sumber: Muhadjir Noeng, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Rakesarasin Yogyakrta ; 1996

S. Ketut, I. S. Alit P. S. Wayan I. (2018). Analisa Karakteristik dan Permodelan Kebutuhan Parkir Pada PusatPerbelanjaan Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 12 No. 2.

S. Rahmah, P. and D. G. Manar, "EVALUASI TERHADAP PENGELOLAAN PARKIR TEPI JALAN UMUM DI KAWASAN SIMPANG LIMA KOTA SEMARANG," Journal of Politic and Government Studies, vol. 5, no. 04, pp. 231-240, Sep. 2016

Wahyuni, Rida. (2008), Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Studi kasus: Jalan Brigjen Katamso Sekolah Harapan Mandiri Medan, Departemen Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara, Medan.

Warpani, Suwardjoko (2002). Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung, Indonesia: Penerbit ITB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.