GAMBARAN SELF-COMPASSION PADA REMAJA PENYINTAS BULLYING

Cahyaning Lintang Rizka Mutiara, Ratna Supradewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dinamika self-compassion pada remaja penyintas bullying. Penelitian ini memaparkan dampak yang dirasakan akibat bullying pada self-compassion subjek penyintas bullying. Teknik pemilihan subjek menggunakan purposive sampling dengan diperoleh subjek berjumlah 3 orang dengan 1 significant others pada masing-masing subjek. Karakteristik subjek adalah berusia 15-18 tahun dan remaja penyintas bullying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara semi-terstruktur serta dilanjutkan dengan tahapan analisis studi kasus, yaitu mengolah data dan mempersiapkan data untuk dianalisis, membaca data secara keseluruhan, memulai coding semua data, deskripsi coding, dan menyajikan kembali hasil deskripsi dalam laporan hasil kualitatif, serta memaknai data. Kriteria keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan bahan referensi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah self-compassion pada remaja penyintas bullying terdampak negatif sampai sekarang setelah melewati masa bullying. Hal tersebut dapat diketahui dari kurang tercerminnya self-compassion pada ketiga subjek, yaitu pada subjek JA yang masih kesulitan untuk mengendalikan emosi kemudian subjek AAW yang masih memiliki kecemasan dalam berinteraksi dengan orang lain, dan subjek RA yang masih merenungi serta menyalahkan diri sendiri atas kejadian bullying yang pernah menimpanya.

Kata Kunci: self-compassion, bullying, remaja

Full Text:

PDF

References


Ani, R. (2020). Gambaran self compassion pada primary caregiver skizofrenia di kota Padang. Skripsi diploma, Universitas Andalas. https://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71737

Atikah, F. R., & Putu, N. W. (2018). Peran Self-Compassion terhadap Psychological Well-Being Pengajar Muda di Indonesia Mengajar. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 418-439.

Baliyo, A. (2011). Bullying di sekolah dan dampaknya bagi masa depan anak. Pendidikan Islam, 4, 19-20. doi:https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol4.iss1.art2

Choiri, M. M., & Mujahidin, A. (2019).Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Creswell, J. W. (2009). Research design. qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3nd ed.). Los Angeles: Sage.

Diani, P., Tina, H. D., & Lira, F. D. (2019). Pengaruh self-compassion terhadap kesepian pada mahasiswa rantau. Jurnal Psikologi Insight, 3(2) 88-97.

Erikson, E. (1968). Identity: Youth and crisis. New York: Norton.

F.J.Monks, Knoers, A., & Haditono, S. R. (2002). Psikologi perkembangan pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fatmawati, N. (2021, Februari 03). Pengaruh Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Masyarakat. Retrieved from dkjn artikel: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca artikel/14366/Pengaruh-Positif-dan-Negatif-Media-Sosial-Terhadap-Masyarakat.html

Germer, C. K. (2009). the mindful path to self-compassion. New York: The Guilford Press.

Gonynor, K. A. (2016). Associations among mindfulness, self-compassion, and bullying in early adolescence. Thesis, Colorado State University. http://mountainscholar.org/handle.net/10217/176658

Hanifah, N. (2018). Hubungan peran teman sebaya dengan perilaku bully pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Skripsi Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/4394/1

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing.

Hens, H. (2019, April 28). 6 Kasus Perundungan yang Berakhir Tragis. Retrieved from m.liputan6.com: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3952021/6-kasus-perundungan-yang-berakhir-tragis

Huiping, Z., Peilian, C., Haili, L., & Xiaoying, R. (2019). Bullying victimization and depression among left-behind children in rural China: Roles of self-compassion and hope. Child Abuse & Neglect, 96; 1-8.

Jess, F., & Greogory, J. (2008). Theories Of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khoirunnisa, R. (2015). Konsep diri remaja korban bullying (studi pada siswa korban bullying di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta). Skripsi, 80-82.

KPAI. (2021, May 18). Data Kasus Pengaduan Anak 2016-2020. Retrieved from bankdata.kpai.go.id: https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-pengaduan-anak-2016-2020

Matraisa, B. A. (2014). Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, III(1), 1-3.

Miriam, A., & Ilona, B. (2010). Applying positive psychology to alcohol-misusing adolescents: A group intervention. Groupwork, 20(3), 6-31. doi:10.1921/095182410X576831

Muharrara, L. H. (2018). Analisa pengaruh self-compassion dan social support terhadap resiliensi diri anggota paduan suara mahasiswa gema gita bahana UIN Malang. Skripsi Psikologi, 45-48.

Papalia, D. E., Feldman, R. D., & Martorell, G. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia (12 ed.). Jakarta Selatan: Salemba Humanika .

Peter, Debra, & Ken. (2004). Bullying in schools: How successful can interventions be? . New York: Cambridge University Press.

Randall, P. (2001). Bullying in adulthood assessing the bullies and their victims. New York: Brunner-Routledge.

Ratnawulan, T. (2018). Perkembangan dan tahapan penting dalam perkembangan. Journal of Special Education, IV(1), 65-74. doi:https://doi.org/10.30999/jse.v4i1.406

Samantha, N. T., & Siti, I. S. (2021). Self-compassion pada perempuan yang pernah menjadi korban bullying:studi kasus. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 212-226.

Sari, D. P. (2019). Self-compassion pada remaja berprestasi korban bullying (perundungan). Skripsi, 5-9.

Zăbavă, T. (2020). The compassion dimension in bullying in high school students. Journal of Experiential Psychotherapy, 25-37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.