Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di TK Kuntum Mekar Pleburan Semarang

Alya Oktavia Listiana, Ali Bowo Tjahjono

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Kuntum Mekar Pleburan Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penemuan penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran Al-Qur’an memerlukan penyusunan program, pelaksanaan program dan evaluasi atau mengukur hasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidik menyusun target pembelajaran Al-Qur’an melalui penyusunan program kegiatan yang sudah di sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik, pelaksanaan program pendidik memberikan pembelajaran dengan bervariasi kepada peserta didik supaya dapat berkembang sesuai dengan kemampuannya, penelitian ini menunjukan mengukur hasil pada anak usia dini melalui penugasan, setoran hafalan dan riview materi, bentuk dalam mengukur hasil TK terdapat lembar penilaian untuk menilai kemampuan anak-anak.

Kata Kunci: strategi, pembelajaran Al-Qur’an, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dahliani. 2017. “Mengembangkan Minat Hafalan Al-Quran Pada Anak Usia Dini Melalui Metode One Day One Ayat.†Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 1: 3.

Gina Giftia. 2014. “Peningkatan Baca Tulis Huruf Al Quran Melalui Metode Tamam Pada Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Gunung Djati Bandung†VIII: 143.

Isriani Hardini Dan Dewi Puspitasari. 2015. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep& Implementasi). yogyakarta: Familia.

Jamaal ’Abdul Rahman. 2005. Tahapan Mendidik Anak. Edited by Bahrun Abubakar Ihsan Zubaidi. Bandung: Irsyad Baits Salam.

Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. yogyakarta: Pustaka Pelajar.

muhammad fadlillah, lilif mualifatu khoirida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep& Apliksinya Dalam Paud. Cet. I. jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sri Belia Harahap. 2020. Strategi Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajran Al QUR’AN. Surabaya: scopindo.

Yuliani Nurani Sujiono. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cet VII. jakarta: PT.Indeks.

Yusuf Abdhul. 2022. “Pengertian Strategi: Tujuan,Jenis Dan Contoh.†Deepublish. 2022.

Zakiyah Derajat. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.