PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS 5 DI SDN WRINGINJAJAR 3

Lisatul Aulia, Khoirul Anwar

Abstract


Media Pembelajaran merupakan perantara untuk memfasilitasi dalam menyampaikan pesan dari guru kepada siswa. Inovasi media pembelajaran PAI dengan audio visual memberikan kemudahan akses materi berupa video dan film di situs online seperti Youtube dengan penggunaan teknologi proyektor dan laptop. Penggunaan media audio visual dapat mempertinggi perhatian anak dengan tampilan yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap minat belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas 5 di SDN Wringinjajar 3 Mranggen Demak Penelitian ini menggunakan metode survey cross sectional. Ada pengaruh penggunaan media audio visual dengan minat belajar PAI dan Budi Pekerti di SDN Wringinjajar 3 Mranggen Demak. Dengan hasil uji T analisis regresi terdapat nilai thitung > ttabel yaitu 3,101 > 2,002 dan signifikasi 0,003 < dari 0,05 maka Ho ditolak dan menerima Ha. Hasil penelitian lebih besar dari hasil tabel yaitu taraf signifikan 5% nilai tabel 0,254. Nilai korelasi antara variabel X dan Y dengan = 60 dengan taraf signifikan (α) = 0,05 atau 5% dengan hasil uji T dari hasil n tersebut adalah 2,002 dan seluruh hasil lebih besar dari rtabel. Penggunaan media audio visual membuat minat belajar siswa, dari yang memperhatikan dan aktif di dalam kelas, sehingga berdampak baik untuk meningkatkan minat belajar, meningkatkan hasi belajar dari sebelumnya dan sangat membantu dalam pembelajaran secara jarak jauh yang memudahkan membagikan materi pembelajaran dan bisa digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

Kata Kunci: Penggunaan Media; Audio Visual; PAI dan Budi Pekerti; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Amelia, D. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual: Literatur Riview. 10(1), 98.

Asrofi, M. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Dunakhri, S. (2018). Uji Reliabilitas dan Normalitas Instrumen Kajian Literasi Keuangan. Prosding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 249–252.

Dwiyanti, I. A. I., & Jati, I. ketut. (2019). Pengaruh penggunaan audio visual terhadap minat belajar biologi siswa pada materi Plantae di kelas X SMA swasta amal bakti Medan tahun Pembelajaran 2016/2017. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V Ummul Qurra Tembung Melalui Media Audio Visual Pada Pembelajaran PKN.

Hardianto. (2011). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 274–282.

Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. 14(2), 162.

Manshur, U., & Ramdlani, M. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran pai. 1–8.

Nuryana, Z. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. Tamaddun, 19(1), 75.

Salim, S., Anwar, K., & Kuncoro, A. T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Untuk Mendukung Layanan Pendidikan Daring. Prosiding SENAM, 381–391.

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2), 198–203.

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1129


Refbacks

  • There are currently no refbacks.