Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Ketrampilan Ibadah Shalat Peserta didik di SMA Sultan Agung 3 Semarang

Perdanang Putra Gusniawan, Toha Makhsun

Abstract


aktivitas siswa di kelas masih pasif karena proses pembelajaran yang dilakukan guru hanya menggunakan metode ceramah. Dengan menerapkan model pembelajaran metode pembelajaran bermain peran dapat menumbuhkan daya tarik siswa dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan metode bermain peran dalam meningkatkan ketrampilan ibadah shalat peserta didik di SMA Sultan Agung 3 Semarang dan untuk mendeskripsikan implementasi metode bermain peran dalam meningkatkan ketrampilan ibadah shalat peserta didik.penelitian ini merupakan penelitian kualitatif juga menggunakan metode juga menggunakan pengumpulan data melalui wawancara , observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) perencanaan metode bermain peran di SMA Sultan Agung 3 yaitu guru menyiapkan materi dan media pembelajaran. 2) pelaksanaan metode bermain peran di SMA Sultan Agung 3 di terapkan pada hari senin setelah shalat dhuha. Dalam pelaksaaan siswa harus lebih aktuif daripada guru. 3) evaluasi metode bermain peran dalam meningkatkan ketrampilan ibadah shalat siswa di SMA Sultan Agung 3 yaitu dilakukan secara tes dan non tes.

Kata Kunci: metode bermain peran, keterampilan ibadah

Full Text:

PDF

References


Abdullah bin salim, Matan safinatun an najjah, (Semarang:PT Karya Toha Putra, 2003), hal. 46-47

Asrori. 2020. Psikologi pendidikan pendekatan multidisipliner. Banyumas: Pena Persada.

Azizah, N., & Kurniawati, Y. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 50–57.

Bandudu, dan Sutas Muhammad ain pustaka, Kamus umum bahasa Indonesia. (Jakarta: Pustaka sinar harapan, 1994), hlm 1486.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

E, Mulyasa. 2007. Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

H.B. Sutopo, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya, hlm.103

Lexy J. Moleong, Metodologi Pendidikan Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006), hlm. 4

Ii, B. A. B., Teori, A. D., & Peran, M. B. (2012). Mulyono, Strategi Pembelajaran , (Malang: UIN Maliki Press, 2012), hlm. 101. 1 10. 10–32.

Jumanta Hamdayama, S.Pd, M.Si, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2014), hlm. 189-190.

Lilis Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak / Lilis Madyawati. Jakarta

Mujieb, M. A., & Dkk. (2002).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.