HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA MAHASISWA FIK YANG AKAN MENJELANG UJIAN AKHIR SEMESTER

Ersa Putri Andini, Dwi Heppy Rochmawati, Wigyo Susanto

Abstract


Stres dikaitkan dengan kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan dan suasana yang penuh tekanan. Stres yang berkepanjangan bisa mempengaruhi aspek dan sistem tubuh seseorang dengan menimbulkan kecemasan, kemarahan, dan frustrasi. Dampak dari stres emosional antara lain kecemasan, emosi, depresi, serta stres fisik dan psikologis. Saat stres, siswa cenderung melakukan aktivitas yang menyebabkan gangguan tidur dan insomnia. Jenis penelitian Kuantitatif dengen menggunakan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Angkatan 2022 Fakultan Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Teknik yang digunakan adalah random sampling sebanyak 143 responden. Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Spearman rank. Hasil penelitian didapatkan dengan menggunakan Uji Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa p value (0,000< 0,05). Hal ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara stres dengen kejadian insomnia. Terdapat hubungan antara tingkat stres dan kejadian insomnia pada mahasiswa keperawatan angkatan 2022 (p value 0.000).

Kata Kunci: Tingkat stres, Kejadian Insomnia

Full Text:

PDF

References


Abdillah, R. et al. (2022) ‘Strwa Akademik Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring ( Deskriptif Kualitatif)’.

Ahmad, S. R., Anissa, M. and Triana, R. (2022) ‘Hubungan tingkat stres dengan kejadian insomnia pada mahasiswa angkatan 2017 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah’, Indonesian Journal for Health Sciences, 6(1), pp. 1–7.

Andiarna, F. et al. (2020) ‘Analisis penggunaan media sosial terhadap kejadian insomnia pada mahasiswa’, Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 17(2), pp. 37–42.

Arham, N. I. U. (2021) ‘Hubungan Kualitas Tidur dengan Tingkat Tingkat Stres pada Mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin anangkatan 2020’. Universitas Hasanuddin.

Dwicahyaningtyas, R. (2020) ‘Gambaran Strategi Koping Stres Pada Mahasiswa Di Universitas Airlangga Surabaya’. Universitas Airlangga.

Eliza, N. A. A. and Amalia, N. (2022) ‘Pengetahuan Insomnia pada Remaja Selama Covid 19’, Borneo Student Research (BSR), 3(2), pp. 1941–1946.

Ema, A. M., Kusuma, F. H. D. and Widiani, E. (2017) ‘Hubungan Tingkat Stres Dengan Kejadian Insomnia Pada Remaja Pengguna Media Sosial Di MTs Muhammadiyah I Malang’, Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(3).

Harahap (2020) ‘Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh dimasa Covid-19’, Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), pp. 10–14.

Hastuti, R. Y. and Baiti, E. N. (2019) ‘Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Tingkat Stress pada Remaja’, Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(2), pp. 84–93.

Ichsandra, M. O. (no date) ‘Hubungan antara Tingkat Stres terhadap Insomnia pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK UNTAN Angkatan 2015 dan 2016’, Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura, 5(2b).

Irmawaty, A. I. and Masnina, R. (2017) ‘Hubungan Tingkat Penggunaan Situs Jejaring Sosial dengan Kejadian Insomnia pada Remaja Siswa Kelas Xi di SMA Negeri 14 Samarinda’.

Khamelina, F. (2014) ‘Hubungan Antara Stres dalam Menyusun Skripsi dengan Insomnia pada Mahasiswi D IV Bidan Pendidik di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014’. STIKES’Aisyiyah Yogyakarta.

Kusuma, F. H. D. and Widiani, E. (2017) ‘Hubungan antara Tingkat Kecemasan dengan Kejadian Insomnia pada Mahasiswa yang Akan Menghadapi Ujian Akhir Semester (Uas) di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang’, Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(1).

Ladapase, E. M. and Sona, A. (2022) ‘Gambaran stres akademik pada mahasiswa universitas Nusa NIPA Indonesia di Maumere’, Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(2), pp. 42–47.

MUNA, M. L. L. (2022) ‘Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian insomnia pada masa pandemi covid-19 (Studi pada masyarakat ekonomi lemah dikota semarang).'. Universitas Diponegoro.

Putri, T. D. R. (2014) ‘Hubungan Stres dengan Kejadian Insomnia pada Mahasiswa Angkatan 2010 yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak’, Jurnal ProNers, 3(1).

Rahayu Syafitri, R. (2022) ‘Hubungan Stres dengan kejadian Insomnia pada Mahasiswa dalam penyelesaian skripsi pada era PANDEMI covid-19’. Universitas Kusuma Husada Surakarta.

Saniskoro, B. S. R. and Akmal, S. Z. (2017) ‘Peranan penyesuaian diri di perguruan tinggi terhadap stres akademik pada mahasiswa perantau di Jakarta’, Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), pp. 96–106.

Sukamto, E. and Wahyuni, T. (2016) ‘Pengaruh Pemberian Terapi Relaksasi Nafas Dalam terhadap Stress Siswa yang akan Mengikuti Ujian di SMA N 1 Muara Kaman’

Syamsoedin, W. K. P., Bidjuni, H. and Wowiling, F. (2015) ‘Hubungan durasi penggunaan media sosial dengan kejadian insomnia pada remaja di SMA Negeri 9 Manado’, Jurnal Keperawatan, 3(1).

Wahyuni, R. S. and Irianti, B. (2022) ‘Hubungan Stres Dengan Kejadian Insomnia PadA Remaja di SMA Kota Pekanbaru’, Jurnal Kesehatan Medika Udayana, 8(01), pp. 117–123.

Waliyanti, E. and Pratiwi, W. (2017) ‘Hubungan Derajat Insomnia Dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Di Yogyakarta (Correlation Between Insomnia with Learning Concentration Among Nursing Students in Yogyakarta)’, IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices), 1(2), pp. 9–15.

Yaqin, N. (2022) ‘Hubungan antara tingkat stres terhadap kejadian insomnia pada Mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.’ Wijaya Kusuma Surabaya University.

Zunita, S. (2017) ‘Hubungan Tingkat Stres dengan Kejadian Insomnia pada Remaja Menjelang Ujian Nasional di SMA 2 PGRI Jombang (Studi Di Kelas XII SMA PGRI 2 Jombang)’. STIKES Insan Cendekia Medika Jombang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.