HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN KESADARAN DIRI DENGAN PRESENTASI DIRI PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL

Devina Amalia Putri, Joko Kuncoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan kesadaran diri dengan presentasi diri pada pengguna media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden sejumlah 147 siswa SMA Kristen 1 Salatiga yang menggunakan media sosial. Alat ukur dalam penelitian ini yaitu skala harga diri dengan 24 aitem dan reliabilitas 0,879, skala kesadaran diri dengan 15 aitem dan reliabilitas 0,790 dan skala presentasi diri dengan 13 aitem dan reliabilitas 0,794. Uji hipotesis pertama menggunakan uji regresi berganda yang menunjukkan adanya hubungan antara harga diri dan kesadaran diri terhadap presentasi diri yang memperoleh hasil R= 0,515 dan Fhitung= 26,007 dengan signifikansi p= 0,000 (p<0,01), maka hipotesis pertama diterima. Hasil uji hipotesis kedua dengan korelasi parsial menunjukkan rx1y= -0,190 dengan p= 0,021 (p<0,05), artinya terdapat hubungan negatif signifikan antara harga diri dengan presentasi diri. Uji korelasi pada hipotesis ketiga menunjukkan rx2y= -0,358, p= 0,000 (p>0,01), yang artinya ada hubungan antara kesadaran diri dengan presentasi diri berarti hipotesis kedua dan ketiga diterima.

Kata kunci: Harga diri, kesadaran diri, presentasi diri

Full Text:

PDF

References


Doherty, K., & Schlenker, B. R. (1991). Selfâ€consciousness and strategic self presentation. Journal of Personality, 59(1), 1–18.

Fenigstein, A., Scheier, M. F., & Buss, A. H. (1975). Public and private self-consciousness: Assessment and theory. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 43(4), 522–527. https://doi.org/10.1037/h0076760

Fullwood, C., James, B. M., & Chen-Wilson, C. H. J. (2016). Self-Concept Clarity and Online Self-Presentation in Adolescents. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 19(12), 716–720. https://doi.org/10.1089/cyber.2015.0623

Goffman, E. (1982). The presentation of self in everyday life. University of Edinburgh: Social Sciences Research Centre.

Gustina, H. (2019). Korelasi Media Sosial Instagram dengan Presentasi Diri Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau. 2, 1–15.

Heatherton, T. F., & Polivy, J. (1991). Development and Validation of Scale of Self-Esteem. Journal of Personality and Social Psychology, 60(6), 895–910.

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi perkembangan (Terjemahan oleh: Istiwidiyanti & (Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.

Junaidi, A. R. (2021). Pengaruh harga diri dan citra tubuh terhadap presentasi diri secara online pada pengguna instagram. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Karnadi, A. (2022). Pengguna Internet di Indonesia Capai 205 Juta pada 2022. Data Indonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-capai-205-juta-pada-2022

Kusumasari, H., & Hidayati, D. S. (2014). Rasa Malu Dan Presentasi Diri Remaja Di Media Sosial. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 4(2), 91.

Mazeikiene, A., Peleckiene, V., & Peleckis, K. (2010). The main factors determining the choice of self-presentation strategies in negotiations and business meetings. Business: Theory and Practice, 11(4), 353–361. https://doi.org/10.3846/btp.2010.38

Mehdizadeh, S. (2010). Cyberpsychology, behavior and social networking. Mary Ann Liebert, Inc, 13(4), 357–364.

Sa’diyah, S. A. & Fauziyah, Nailatin. (2021). The influence of self-esteem and self-consciousness on self-presentation among adolescent social media users. Indigenous Jurnal Ilmiah Psikologi. 6(1), 24-36.

Santrock, J. W. (2007). Adolescent (Remaja). Alih Bahasa: Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.

Websindo. (2019). Indonesia digital 2019: media sosial. https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/ Diakses pada 23 Juni 2022

Zenita, Y. M. (2019). Hubungan self-esteem dengan presentasi diri pada pengguna instagram. 53. https://repository.unair.ac.id/96468/

Zuraya, N. (2022). APJII: Pengguna Internet di Indonesia Naik dari 175 Juta Menjadi 220 Juta. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/rd7lbq383/apjii-pengguna-internet-di-indonesia-naik-dari-175-juta-menjadi-220-juta#:~:text=APJII%3A Pengguna Internet di Indonesia Naik dari 175 Juta Menjadi 220 Juta,-Jumat 10 Jun&text=Jaringan internet (ilustrasi).,pem


Refbacks

  • There are currently no refbacks.