PENGARUH NILAI BUDAYA SEKOLAH TERHADAP SIKAP DISIPLIN SISWA DI SD N 04 MAJAKERTA

Chandra Hidayah

Abstract


SD N 04 Majakerta sudah menerapkan kebiasaan lama dalam bentuk kegiatan
kebudayaan lokal yang diterapkan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari budaya lokal yang sudah diterapkan di
SD N 04 Majakerta dan bagaimana cara untuk meningkatkan budaya lokal. Desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode
kualitatif dengan analisis dan instrument. Teknik analisis dataya menggunakan
model Milles and Hubberman yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Untuk penguji keabsahan datanya menggunakan teknik
uji kredibiltas dan teknik triangulasi. Adapun instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan pada
analisis data dapat disimpulkan bahwa faktor permasalahan yang ada di SD N 04
Majakerta adalah kurangnya sikap kedisiplinan siswa meliputi keterlambatan
masuk sekolah, berseragam sesuai aturan sekolah, beribadah tepat waktu, dan
menaati tata tertib yang ada di sekolah, sehingga Guru sudah sangat berupaya
selama ini dalam membuat siswa dan siswinya untuk menaati tata tertib yang ada
disekolah. Dengan salah satunya menerapkan budaya lokal sebagai kegiatan siswa
dan siswi yang diupayakan untuk membantu kedisiplinan siswa dan siswi.


Full Text:

PDF

References


Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode

Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and

Governance Journal, 2(4), 697–709. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709

Akmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd ) negeri

cot keu eung kabupaten aceh besar (studi K kasus). Jurnal of Education Science

(JES), 5(2), 1–12.

Ariadillah, Rahmat & Yuni, Yanti (2021). Peningkatan Kecerdasan Siswa Melalui

Program Keberagamaan. Jurnal Tarbawi, 5(1), 288.

Furkan, N. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah.

Hidayati, Nurul. (2021). Presepsi Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan Di SDN 51

Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PGSD, 1(1), 78-87.

Kusumadewi, rida fironika, Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). MENUMBUHKAN

KEMANDIRIAN SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI

DAMPAK COVID-19 DI SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1, 7–13.

Manguni,D.W, 2014:49). (2014). BUDAYA SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR

ANAK KELAS 4 DAN. 49–53.

Maryono, 2017:108). (2017). ATMOSFER SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA

BAGI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Maryono 1. 17(1), 103–113.

Najmuddin, Fauzi, F., & Ikhwani, I. (2019). Program Kedisiplinan Siswa Di Lingkungan

Sekolah: Studi Kasus di Dayah Terpadu (Boarding School). Edukasi Islami: Jurnal

Pendidikan Islam, 8(2), 183–206. file:///C:/Users/SONY-

PC/AppData/Local/Temp/430-1253-1-PB.pdf

Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian

Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suwardi, S., & Rahmawati, S. (2019). Pengaruh Nilai-Nilai Kearifan Lokal Terhadap

Pola Pengasuhan Anak Usia Dini (AUD). JURNAL Al-AZHAR INDONESIA

SERI HUMANIORA, 5(2), 87. https://doi.org/10.36722/sh.v5i2.347

syah, muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja

Rosdakarya.

Tarigan, Ernita. (2017). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar

Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok. Jurnal TABULARSA PPS, 15(3),

-87.

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter

Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295.

https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168


Refbacks

  • There are currently no refbacks.