KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SUMBER DAYA MANUSIA DI UNIT SIMPAN PINJAM SYARI’AH KSU ARTHA AMANAH

Septia Rosalinda, Agus Wachjutomo

Abstract


Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Ksu Artha Amanah yang bergerak sebagai LembagaS koperasi dinilai banyak orang sangat adaptif dengan budaya dan gaya hidup masyarakat Indonesia. Isinya meliputi swadaya, 22gotong royong untuk kepentingan umum (gotong royong) dan beberapa esensi moral lainnya. menyadari bahwa model utama sebuah perusahaan adalah sumber daya manusia dan persaingan yang semakin ketat, kita perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara memadai karena dengan memiliki anggota atau SDM yang berintegritas tinggi, Konsep pelayanan dengan keterampilan tertentu, termasuk kemampuan bekerja,diperlukan untuk mendukung program sebagai layanan pelanggan. Baik sikap atau perilaku tertentu yang perlu ditekankan ketika berhadapan dengan pelanggan. Penampilan fisik atau non fisik yang bergantung pada pelanggan. perhatian pelanggan atau minat penuh untuk memahami saran dan kritik yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.Kemampuan memberikan pelayanan yang akurat (akurasi) dan terpercaya (reliability), yaitu dengan memberikan pelayanan waktu, sesuai jadwal yang diharapkan, Dengan standar ( SOP) yang di tentukan.

Full Text:

PDF

References


Chaniago, Arifinal ( 1980) Ekonomi dan Koperasi(Bandung : CV Rosda Bandung 1983) hlm. 29 Djazh, Dahlan Pengetahuan Koperasi hlm 16 (Jakarta: PN Balai Pustaka

Hardiyansyah 2018. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media,

Nissi bintaro (1981) ampus, https://greatdayhr.com/id/blog/kompe nsasi-adalah/ Nunkener, Hans M Hukum Koperasi hlm .12 (Bandung: Alumni)

Prasetio, Ari. (2012)."Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan." Management Analysis Journal 1.1

Rika binar, pelatihan dan pengesmbangan sdm,http://binakarir.com/pelatihandan-pengembangan-sdm/

R.T. Sutantya Rahardja Hadhikusuma 2000, Hukum Koperasi Indonesia hal 59 60, 74, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Sembiring, Inka Janita. (2014) "Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan (Studi pada pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang)." Jurnal Administrasi Bisnis 15.1 DAO, Sofianus.(2022) "pemgaruh keandalan dan daya tanggap customer service terhadap kepuasan nasabah pada bank sumut kcp aksara medan." Setianto, Ganang, and Sri Wartini. "Pengaruh Bukti Fisik Dan Empati Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen." Management Analysis Journal 6.4 (2017): 367-376. Ibrahim, Malik, and Sitti Marijam Thawil. (2019): "Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen." Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4.1 175-182.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.