Pengembangan Buku CERCA (Cerdas Membaca) Sebagai Buku Pendamping Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pendamping membaca permulaan, kelayakan
serta kepraktisannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa kelas I yang tidak
semuanya memiliki kemampuan dasar membaca yang sama karena dilatarbelakangi oleh TK yang
berbeda serta kebutuhan sekolah akan sarana buku penunjang yang menarik dalam meningkatkan
motivasi membaca siswa. Kelebihan dari buku ini adalah penyajian materi yang sederhana dan
jelas sehingga mudah dipahami siswa.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and
Evaluate). Berdasarkan lima tahapan tersebut, pengembangan buku pendamping CERCA
dihasilkan persentase dari tiga validator sebesar 88% kategori Layak. Persentase kepraktisan dari
uji respon siswa sebesar 94% kategori Layak, dan uji respon guru sebesar 96% kategori Layak.
Berdasarkan hasil tersebut, buku pendamping CERCA dinyatakan layak dan praktis untuk
diterapkan di siswa kelas I SDN Jamus 1 Kabupaten Demak.
Kata kunci: buku pendamping, membaca
Full Text:
PDFReferences
Alang. (2013). Panduan Belajar 5 Langkah Pasti Lancar Membaca. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Alwan, Hendri, M., & Darmaji. (2017). Faktor-Faktor yang Mendorong Siswa MIA SMAN
Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi.
Dictionary of Statistics & Methodology, 02(01).
https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1534
Janawati, P. A., & Sueca, I. N. (2022). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MEMBACA DAN
MENULIS. 6, 514–518.
Setyowati, N. A., Yustiana, S., & Ulia, N. (2021). Pengembangan Buku Membaca Permulaan
Berbasis Metode Global Sebagai Buku Pendamping Guru Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal
Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(1), 23. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.8778
Refbacks
- There are currently no refbacks.