PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI ISLAMI CUCI TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK PRA SEKOLAH DI TK PGRI IV

Cahya Khairani Mawakhadah

Abstract


Latar belakang: cuci tangan pakai sabun merupakan geramembersihkan tangan dari mulai kulit sampai
kuku dengan menggunakan air mengalir dan sabun dengan menggunakanlangah yang baik dan benar
supaya terhindar dari virus dan penyakit. Anak pada usia pra sekolah memiliki maslaah prilaku yang
rentan dengan penyakit. Dengan menggunakanmedia video animasi islami dapat di gunakan untuk anak
belajar tentang cuci tangan dan selain itu anak juga mendapat pembelajaran mengenai kaidah islam yang
bersangkutan dengan kebersihan salah satunya cuci tangan seperti hadist yang di tuangkan dalam
Riwayat Bukhori “ kebersihan separuh dari iman “. Tuuan dari penelitian ini adalah menganalisis adanya
pengaruh media video animasi islami cuci tangan terhadap kemampuan cuci tangan pakai sabun pada
anak prasekolah. Metode : desain penelitian ini adalah one group pretest-postest design dengan populsi
semua murid di TK PGRI IV Ngaliyan Semarang sebanyak 32 sisw. Sampel 32 siswa dengan teknik
total sampling. Variable independent yaitu media video animasi islami dan variable dependent yaitu
kemampuan cuci tangan pakai sabun. Pengumpulan data dengan lembar chek list sesuai dengan SOP
cuci tangan pakai sabun dan observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan editing, coding,
scoring, entry data, cleaning dan ui statistik menggunakan uji wilcoon signed rank test. Hasil : hasil
penelitian, dari 32 responden sebelum di tampilkan video animasi islami cuci tangan sebagianbesar
siswa kurang mampu mempraktikan cuci tangan dengan jumlah 22 siswa (68,8%), sesudah di berikan
media video animasi islami banyak siswa yang sudah mampu mempraktikan cuci tangan dengan jumlah
30 siswa (93,%). Uji statistic Wilcoxon menunjukan p value = 0,000 < α (0,05) sehingga H1 di terima.
Kesimpulan : ada pengaruh dengan diberikannya media video animasi islami cuci tangan tehadap
kemampuan cuci tangan pakai sabun pada anak prasekolah di TK PGRI IV Ngaliyan Semarang


Full Text:

PDF

References


Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian

Kualitatif & Kuantitatif (Issue April).

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia

Dini Dengan Metode Bercerita. https://doi.org/10.31219/osf.io/kr5fw

Ambarwati, E. R., & Prihastuti. (2019). Gerakan masyarakat hidup sehat (germas) mencuci tangan

menggunakan sabun dan air mengalir sebagai upaya untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan

sehat (phbs) sejak dini. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 1(1), 45–52. http://journal.lldikti9.id/CER/index

Andriani, V. D. (2017). Pengaruh Media Audio Visual Cuci Tangan Terhadap Kemamapuan Cuci

Tangan Pakai Sabun Anak Pra Sekolah. 87(1,2), 149–200.

Andriansyah, Y., & Rahmantari, D. N. (2013). Penyuluhan Dan Praktik Phbs ( Perilaku Hidup Bersih)

Dalam Mewujudkan Masyarakat Desa Peduli Sehat. Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(1), 45–50.

Darmalaksana, W. (2021). Hadis tentang Mencuci Tangan Pendekatan Multidisipliner. Journal, 1–8.

Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar.

Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 190.

https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882

Demillah, A. (2019). Peran Film Animasi Nussa dan Rara Dalam Meningkatkan Pemahaman

Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar SD. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2),

–115. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i2.3349

Egeten, E. C., Ismanto, amatus yudi, & Silolonga, W. (2017). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini

(Paud) Dengan Perkembangan Kognitf Anak Usia Prasekolah Di Desa

Pakuweru Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Keperawatan, 5(2).

Ernida, Navianti, D., & Damanik, H. D. L. (2021). Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Cuci

Tangan Pakai Sabun Pada Anak Di Sekolah Dasar Negeri 7 Kota Prabumulih Tahun 2020. 1(1).

Fadhmasari, F., Hartini, S., & Astuti, R. (2016). Efektivitas Demonstrasi Dan Bernyanyi Lagu

Cuci Tangan Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pada Anak Prasekolah Di TK PGRI 38

Semarang. Efektivitas Demonstrasi Dan Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Kemampuan

Cuci Tangan Pada Anak Prasekolah Di TK PGRI 38 Semarang, 1–10.

http://182.253.197.100/e-journal/index.php/ilmukeperawatan/article/viewFile/536/535

Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01),

https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Garaika, & Darmanah. (2018). Metodologi Penelitian. https://doi.org/10.31219/osf.io/xy6uv Gusti, K.

(2015). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Hernawati, S. (2017). Metodologi Penelitian dalam Bidang Kesehatan, Kuantitatif & Kualitatif.

Hidayat, R., & Hayati, H. (2020). PENGARUH PELAKSANAAN SOP PERAWAT PELAKSANA

TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN DI RAWAT INAP RSUD BANGKINANG. 3(23), 274–

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan

Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software

Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Indanah, & Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah.

Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221–228.

Iswara, W., Gunawan, A., & Dalifa. (n.d.). Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi

Bengkulu. 1(1), 1–7.

Jannah, M. (2020). Keteladanan Tokoh dalam Serial Animasi Nussa Official. Jurnal Peurawi: Media

Kajian Komunikasi Islam. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/peurawi/article/view/8278

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi

Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of

Mechanical Engineering Education, 1(1), 8. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731

Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam

Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47–56.

https://doi.org/10.33087/JIUBJ.V17I3.401

Langga, F. H., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2020). Representasi Islami dalam animasi

“Nussa†sebagai media pembelajaran untuk anak. Rekam, 16(2), 125–133.

https://doi.org/10.24821/rekam.v16i2.3612

Listiadesti, A. U., Noer, S. M., & Maifita, Y. (2020). EFEKTIVITAS MEDIA VIDIO TERHADAP

PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK SEKOLAH: A LITERATURE

REVIEW. 3(1), 54–65.

Lukis, P. A., & Ashari, M. (2019). Penyuluhan Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Kepada

Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Pelita Wonoasri Melalui Media Menyanyi Di Desa Wonoasri,

Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri 2019. 2009, 228–232.

Luviana, A., & Delliana, S. (2020). Pengaruh Terpaan Tayangan Animasi Nussa Official ( Cuci

Tangan Yuk ) Di Youtube Terhadap Perilaku Imitasi Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2),

–50.

Mar’atun, A. N. (2018). Periodesasi Masa Perkembangan Anak-Anak. Psikologi Umsida, 1–

eprints.umsida.ac.id/1129/3/PSImasaanak2.pdf

Murni. (2017). Perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial pada masa kanak-kanak awal 26 tahun.

Perkembangan Fisik, Kognitif, Dan Psikososial Pada Masa Kanak-Kanak Awal

-6 Tahun, III(1), 19–33. https://jurnal.ar-

raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/2042/1513

Natsir, M. F. (2018). Pengaruh penyuluhan CTPS terhadap peningkatan pengetahuan siswa SDN 169

bonto parang Kabupaten Jeneponto. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 1(2), 1–9.

http://journal.unhas.ac.id/index.php/jnik/article/view/5977

Noor baiti. (2020). Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.

PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 42–50. https://doi.org/10.31849/paud-

lectura.v4i01.4959

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam

Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50.

https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. In Metodologi

Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (4th ed.). Jakarta. In Metodologi

Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis.

Padila, Andri, J., J, H., Andrianto, M. B., & Admaja, R. D. (2020). PEMBELAJARAN CUCI TANGAN

TUJUH LANGKAH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK

USIA DINI. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Potto, A. U. (2021). GAMBARAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA PRASEKOLAH DI WILAYAH

KERJA PUSKESMAS BATUA KOTA MAKASSAR. 4(1), 6.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal

Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2).

Putri, W. E. (2018). Efektifitas Video Edukasi Cuci Tangan terhadap Kemampuan Melakukan Cuci

Tangan pada Anak Usia Sekolah di Yayasan Al-Fityan Medan SKRIPSI.

RISKESDAS. (2013). RISET KESEHATAN DASAR 2013. Science, 127(3309), 1275–1279.

https://doi.org/10.1126/science.127.3309.1275

Rismawanti, D., Alfiyanti, D., & Nurullita, U. (2016). Efektifitas Modeling Video Animasi Cuci

Tangan Terhadap Praktek Cuci Tangan Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Tarbiyatul Athfal

Boja. Karya Ilmiah.

Siti, A. (2019). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan

Kosakata Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Αγαη, 8(5), 55.

Sujianti. (2014). PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH YANG

MENGGUNAKAN GADGET DI TK ISLAM AL IRSYAD 01 CILACAP Growth And

Development Of Children In School That Uses The Gadget At Islamic Al Irsyad 01 Cilacap 1

Program Studi D3 Kebidanan STIKES Al-Irsyad Al-Islami. 34, 52–58.

Susantiningsih, T., Yuliyanti, R., Simanjuntak, K., & Arfiyanti. (2019). Pkm Pelatihan Mencuci Tangan

Menggunakan Sabun Sebagai Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk

Masyarakat Rt 007/Rw 007 Desa Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere Kota Depok. Jurnal

Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2889 Syahfitri, Y.

(2011). Teknik Film Animasi Dalam Dunia Komputer. Jurnal Saintikom, 10(3),

–217.

Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal

Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170

Tulak, G. T., Ramadhan, S., & Musrifah, A. (2020). Edukasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada

Siswa Untuk Pencegahan Transmisi Penyakit. JMM (Jurnal Masyarakat

Mandiri), 4(1), 37. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1702

Wati, P. D. C. A., & Ridlo, I. A. (2020). Hygienic and Healthy Lifestyle in the Urban Village of Rangkah

Surabaya. Jurnal PROMKES, 8(1), 47. https://doi.org/10.20473/jpk.v8.i1.2020.47-58

Ajhuri, K. F. (2019). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.

Andriani, V. D. (2017). Pengaruh Media Audio Visual Cuci Tangan Terhadap Kemamapuan Cuci

Tangan Pakai Sabun Anak Pra Sekolah. 87(1,2), 149–200.

Ilmi, V. M., Rohmah, N., & Hamid, M. A. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode

Bernyanyi Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Di TK RA

Perwanida Krangkongan Tegalwangi Umbulsari Jember 2015. 1–12.

Kusbiantoro, D. (2016). PEMBERIAN HEALTH EDUCATION MENINGKATKAN KEMAMPUAN

MENCUCI TANGAN PADA ANAK PRASEKOLAH. 07(July), 1–23.

Kusbiantoro, D., & Alamsah, J. (2020). Video Cuci Tangan Pakai Sabun Meningkatkan Kemampuan

Mencuci Tangan Anak Pra Sekolah. Media Komunikasi Ilmu Kesehatan, 12(02), 70–76.

Luviana, A., & Delliana, S. (2020). Pengaruh Terpaan Tayangan Animasi Nussa Official ( Cuci

Tangan Yuk ) Di Youtube Terhadap Perilaku Imitasi Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2),

–50.

Parasyanti, N. K. V., Yanti, N. L. G. P., & Mastini, I. G. A. A. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci

Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal

Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 122. https://doi.org/10.36565/jab.v9i1.197

Putri, H. A. (2017). Perbedaan Pengaruh Media Pembelajaran Lagu Dan Slide Pada Praktik Mencuci

Tangan Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 116.

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12910

Rohmah, N. (2015). Pengaruh Metode Biblioterapi Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Pakai

Sabun Pada Siswa Kelas 2 di SDN Banjarsengon 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. 27.

http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/65672/Ainul

Latifah101810401034.pdf?sequence=1

Ruby, D. P., Tafwidhah, Y., & Hidayah, M. N. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan

Metode Audiovisual Terhadap Pelaksanaan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia

Prasekolah Di Tk Al Adabiy Kota Pontianak. Jurnal Proners, 3(1), 1–14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.