STRATEGI PEMASARAN MERCHANDISE MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK ( STUDI KASUS UMKM UD. HOLA MERCH

Rakha Adji Noorpasha Pradana, Wiwiek Fatmawati, Sukarno Budi Utomo

Abstract


UD. Hola Merch merupakan usaha yang bergerak di bidang konveksi yang memproduksi
berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari. Setelah dilakukan observasi dan wawancara
dengan pihak manajemen UD. Hola Merch, UD. Hola Merch tidak dapat mencapai target
penjualan. Dari seluruh permasalahan tersebut, dapat dikatakan bahwa permasalahan utama
pada UD. Hola Merch adalah penjualan yang tidak stabil dan cenderung mengalami penurunan
hingga hanya terjual 50% dari target penjualan disebabkan karena banyak nya pesaing yang
bermunculan. Penelitian ini dengan metode SWOT dan metode AHP. Dengan penggunaan kedua
metode ini akan mampu mengidentifikasi faktor-faktor berupa kelemahan, kekuatan, ancaman,
dan peluang yang dimiliki UD. Hola Merch khususnya terkait pemasaran sehingga dapat
merumuskan berbagai strategi pemasaran yang dapat meningkatkan volume penjualan.
Berdasarkan pengolahan data dan analisa, diperoleh hasil berupa berbagai strategi perusahaan.
Adapun strategi terbaik yang akan dijadikan sebagai usulan strategi utama yaitu Strength
Opportunity (SO), karena alternatif strategi ini memiliki bobot tertinggi dengan total bobot
sebesar 5,231. Beberapa alternatif strategi pada Strength Opportunity (SO) ini, yaitu Membuat
design dan bahan yang ekslusif yang di produksi sekali dan tidak di produksi lagi setelah nya, ini
di minati dikarenakan anak muda sekarang lebih menyukai hal hal yang ekslusif dan terkesan
langka yang membuat lebih percayadiri di dalam bersosialisasi atau bergaul, menggandeng para
infulencer dengan mengluarkan produk kolaborasi dimana setiap influencer pasti mempunyai
fans dan masa yang diharapkan tertarik dengan produk kolaborasi, melakukan promosi demi
menjangkau calon pembeli lebih luas dengan promosi promosi memalui influencer atau public
figure.


Full Text:

PDF

References


affanndy, M. R. (2017). PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN PERHIASAN

IMITASI DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN ANALYTICAL

HIERARCHY PROCESS (Studi Kasus : UD. AQILA). Jurnal MATRIK Volume

XVIII No.1, 61-70.

Dafid, F. (2009). Manajemen streategi : konsep edisi keduabelas. Jakarta: Pt.Manajemen

streategi : konsep edisi keduabelas. Jakarta: Pt.

Ekie Gilang Permata, I. K. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan

Metode Swot dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Meningkatkan

Volume Penjualan. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan

Industri (SNTIKI) 11 Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim

Riau, 609-616.

Fandy, T. (1997). Manajemen strategi. Yogyakarta: Andi Offset.

Guiltinan, J. (1994). Strategi dan program manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

,0977

T3 0,0516

,005054

2 5 2 5

,010

,02

,0101

,025

,0977

T4 0,1746

,017070

3 5 3 6

,051

,08

,0512

,102

,0977

T5 0,0779

,007616

2 5 3 5

,015

,03

,0228

,038

Total 1

,231

,27

,0775

,534

JURNAL ILMIAH SULTAN AGUNG

Universitas Islam Sultan Agung

Semarang, 8 September 2022

ISSN : 2963-2730

Kolter, P. (1995). Manajemen pemasaran analisa, pemasaran, implementasi dan

kegunaan, edisi kedelapan. Jakarta: Salemba Empat.

Kolter, P. (2004). Manajemen pemasaran jilid 2. PT. Indeks Kekimpok Gramedia.

M. Ansyar Bora, M. S. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Penjualan Martabak

Mengunakan Metode SWOT. Jurnal Teknik JT-IBSI Vol. 5 | No. 2, 25-35.

Maulana, R. (2020). STRATEGI PEMASARAN PRODUK PIKSET UNTUK

MENINGKATKAN DAYA SAING VOLUME PENJUALAN DENGAN

MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALITYCAL HIERARCHY

PROCESS (AHP). JMIG Vol. 1 (1) 2020, 1, 87-97.

Pearce, I. J. (2008). Manajemen stategis 10. Jakarta:.

Philip, K. (2000). Management Pemasaran. Edisi Melenium. Jakarta. Salemba Empat.

Rizki Amalia, N. H. (2019). Strategi Pemasaran Produk Bepang UD. Cap Bunga.

JURNAL TEKNOLOGI AGRO-INDUSTRI Vol. 6 No. 1, 51-60.

Saaty. (1991). Pengambilan keputusan bagi para pemimpin proses hirarki analitik untuk

pengambilan keputusan dalam situasi yang kompleks.IPPM dan PT.Pustaka

Binama Pressindo.Jakarta Pusat.

Sapto Budi Pamungkas, W. E. (2014). PENINGKATAN PENJUALAN BAKPIA

PATHOK 25 YOGYAKARTA DENGAN ANALISIS SWOT DAN AHP. Jurnal

REKAVASI, Vol. 2, No. 1, Mei 2014, 47-53.

Sofjan, A. (1987). Management Pemasaran. Penerbit : CV. Rajawali. Jakarta Utara.

Susila, D. P. (2007). Penggunaan analytical hirarchy proses untuk penyusunan prioritas

penelitian. Retrivied form www.universitaswijayakusuma.ac.id.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran, Edisi 1, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2008). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima.

Umar, H. (2000). Riset Pemasaran Dan Prilaku Konsumen PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wiwiek Fatmawati, I. S. (2021). ANALISIS KINERJA SUPPLIER BERDASARKAN

PENDEKATAN VENDOR PERFORMANCE INDICATOR (VPI). Jurnal

DINAMIKA TEKNIK, Vol .IV, No. 1 Januari 2021, 11-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.