HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KEKERASAN PADA REMAJA

Dwi Nanik Indraini, Wahyu Endang Setyowati, Betie Febriana

Abstract


Latar Belakang : Pengasuhan terdiri dari dua kata, yaitu keteladanan dan masa kanak-kanak. Seperti yang ditunjukkan oleh referensi kata kolosal bahasa Indonesia (2008: 1088) dalam Agustiawati (2014: 10), berpendapat bahwasanya "Pola adalah model, sistem, atau cara kerja" Pelatihan adalah kamus besar bahasa Indonesia yang "menerima, memelihara, mendidik, membimbing, membantu, melatih, dll." (2008: 96) dalam Agustiawati (2014: 10).
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif desain studi korelasi dengan metode cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 98 orang dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistic.
Hasil : Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 98 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik berumur 17 tahun yaitu sebanyak 93 responden dengan presentase (94.9%) dan yang paling sedikit berumur 16 yaitu 3 dengan presentase (3.1%). Jenis kelamin siswa/siswi kelas 12 di Sma N 1 Dempet dengan jenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 52 responden dengan persentase (53.1%) dan responden perempuan sebanyak 46 responden dengan persentase (46.9%)
Simpulan : Hasil analisa uji Sommers’d menunjukan p = 0,000 ( sig < 0,05 ) yang bermakna bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua terhadap perilaku kekerasan pada remaja


Full Text:

PDF

References


Akbar, R. F. (2018). Studi Analisis Perilaku (Analisis Faktor-faktor Komitmen Organisasional dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru Madrasah Swasta di Jawa Tengah. Skripsi, 121–180.

Astuti, S. W., Widiani, E., & lastri. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Terbentuknya Perilaku Kekerasan Pada Mahasiswa Laki-Laki Di Universitas Tribuwana Tunggadewi Malang. Nursing News, 2(3), 223–233.

Authorian, O. T., & Authoritative, P. (2015). Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsi Pola Asuh YANG MEMPERSEPSI POLA ASUH ORANG TUA AUTHORITARIAN , PERMISSIVE DAN AUTHORITATIVE. 4(December).

Ayu, H. (2020). No Title.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Felly, N. (2020). Jurusan : Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO 1441 H / 2020 M. Iain Metro.

Jeklin, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. July, 1–23.

Mutiara, Narulita, S., & Zakiyah. (2018). Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Kekerasan pada Remaja. 1, 1–7.

Ni Putu Rai Yuliartini, S.H., M. H. (2012). Ni Putu Rai Yuliartini, S.H., M.H. Kenakalan… 31.

Nursalam, 2016, metode penelitian, & Fallis, A. . (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pramawaty, N., Hartati, E., Program, M., Keperawatan, S. I., & Kedokteran, F. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun). Jurnal Nursing Studies, 1, 87–92.

Prasetyo, A. (2020). MENGERJAKAN TUGAS AKHIR.

Rizal, N. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kenakalan remaja pada siswa kelas x smk karya teknologi jatilawang kabupaten banyumas.

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214

Taufik. (2020). Taufik.

Utami, A. C. N. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 150. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23131

Vega, A. De, Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227


Refbacks

  • There are currently no refbacks.