Hubungan Antara Future Time Perspective Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Islam Sultan Agung Kota Semarang

Anggita Ragil Subekti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara future time perspective dengan kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Islam Sultan Agung Kota Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Strata 1 angkatan 2018 di semua program studi di Universitas Islam Sultan Agung Kota Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 263 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu skala kematangan karir yang terdiri dari 22 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,870 dan skala future time perspective yang terdiri dari 17 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,870. Uji hipotesis antara future time perspective dengan kematangan karir diperoleh hasil rxy = 0,764 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p > 0,05). Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara future time perspective terhadap kematangan karir, yang memiliki arti bahwa future time perspective memiliki pengaruh terhadap kematangan karir. Future time perspective memberikan sumbangan efektif sebesar 58,4% sedangkan sisanya 41,6% adalah faktor lain yang menjadi pengaruh terhadap kematangan karir yang belum terungkap.

Full Text:

PDF

References


Almaida, D. S., & Febriyanti, D. A. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk Yayasan Pharmasi Semarang. Empati, 8(1), 87–92.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Carstensen, L. L., & Lang, F. R. (1996). Future Time Perspective Scale. CA: Unpublished manuscript, Stanford University.

Cheng, C., Yang, L., Chen, Y., Zou, H., Su, Y., & Fan, X. (2016). Attributions, future time perspective and career maturity in nursing undergraduates: Correlational study design. BMC Medical Education, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s12909-016-0552-1

Creed, L.-A. P. and P. A., & Coast, G. U. – G. (2001). Career maturity, career decision-making self-efficacy and career indecision: A review of the accrued evidence. ACER Journal, 10(2), 1–23.

Crites. (1973). Career Maturity. NCME Measurement in Education, 1–9.

Froehlich, D. E., Beausaert, S. A. J., & Segers, M. S. R. (2015). Great expectations: the relationship between future time perspective, learning from others, and employability. Vocations and Learning, 8(2), 213–227. https://doi.org/10.1007/s12186-015-9131-6

Grashinta, A. (2018). Pengaruh Future Time Perspective Terhadap Kematangan Karir Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 4(1), 25–31.

Greenbank, P. (2009). Re †evaluating the role of social capital in the career decision †making behaviour of working †class students, Research in Post-Compulsory Education (Issue November 2014). Routledge. https://doi.org/10.1080/13596740902921463

Juwitaningrum, I., & Indonesia, U. P. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 132–147.

Katoch, S. K. (2017). Career maturity among senior secondary school students. Scholarly Research Journal for Human Science & English Language, 4/24(48612), 6436–6448.

Lee, H., & Hughey, K. F. (2001). Separation and parental attachment the freshmen from intact families. Journal of Career Development, 24(4), 279–293.

Lens, W., Herrera, D., & Grobler, A. (2012). Future time perspective as a motivational variable : Content and extension of future goals affect the quantity and quality of motivation Future time perspective as a motivational variable : Japanese Psychological Research, 54(3), 321–333. https://doi.org/10.1111/j.1468-5884.2012.00520.x

Muslimah, N. (2018). Hubungan Antara Nilai Kerja dengan Kematangan Karir Mahasiswa Vokasi Tingkat Akhir. Skripsi, 3(2), 1–97. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=

Rehfuss, M. C. (2015). Assisting high school students with career indecision using a shortened form of the career construction interview. Journal of School Counseling, 13(6), 23–33.

Schepers, J. M. (2004). Some Personality and Cognitive Correlates of Career Maturity. SA Journal of Industrial Psychology, 30(2), 56–73.

Subhan, M., Hasgimianti, H., Sari, W. P., Abu Bakar, A. Y., & Amat, S. (2019). Kematangan Karir Mahasiswa Prodi Ekonomi Dalam Pemilihan Karir. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 2(2), 50–54. https://doi.org/10.24014/egcdj.v2i2.8261

Wulandari, A. (2019). Differences of career decision making in senior high school’s student based on gender. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 1–6. https://doi.org/10.24036/00178kons2019

Zacher, H., & Frese, M. (2009). Remaining Time and Opportunities at Work : Relationships Between Age , Work Characteristics , and Occupational Future Time Perspective. American Psychological Association, 24(2), 487–493. https://doi.org/10.1037/a0015425


Refbacks

  • There are currently no refbacks.