Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV

Andi Muhammad Amin, Nuhyal Ulia, Sari Yustiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model cooperative script efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN Dampyak 02; 2) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara pembelajaran dengan model cooperative script dan model konvensional. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan lemahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Responden pada penelitian ini berjumlah 58 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah, uji normalitas, uji homogenitas dan uji Paired Sample T-test dan Uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menemukan bahwa pada 4 indikator pemecahan masalah pada pretest kelas eskperimen mendapatkan hasil persentase sebesar 55% dengan kriteria cukup dan pada posttest mendapatkan persentase sebesar 86% dengan kriteria baik sekali. Dan pada perbandingan posttest kelas eksperimen dan kontrol, kelas eksperimen mendapatkan hasil persentase 86% dengan kriteria sangat baik dan kelas kontrol mendapatkan persentase 76% dengan kriteria baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model cooperative script efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal materi FPB dan KPK serta terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, hal ini terbukti pada nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2017). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unissula Press.

Astutiani R. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 54.

Damayanti,A, Tarmedi,E, J. (2018). Implementing Cooperative Script Type Of Cooperative Learning Model To Improve Students’ Activeness In Learning Social Studies. International Journal Pedagogy Of Social Studies, 3(1), 129–136.

Dhlamini, J. J. (2016). Enhancing learners ’ problem solving performance in mathematics : A cognitive load perspective. European Journal of STEM Education, 1(1), 27–36.

Hadi, S, Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, Tasikmalaya: 19 Januari 2019. Hal. 565.

Ibrahim. (2012). Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis potensi pesisir sebagai upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika, komunikasi matematika, dan keterampilan sosial siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 111-112.

Noor, A. J. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. Jurnal Pendidikan Matematika. 2250–259.

Novitasari, W. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Mts Al-Azhar Bl’ibadillah. Jurnal Eksakta, 2(1), 1–9.

Rahmawati, Mulbasari, A,S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Cooperative Script dan Blended Learning. Jurnal Inovasi Matematika. 2 (1), 52-64.

Rahmi, Narnawa, I,M, Y. (2019). Preparation Development Of Learning Device Problem Based Learning Model With Scientific Approach To Improve Mathematical Problem Solving Ability. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(2277–8616), 522–529.

Rasiman dan Asmarani, F. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol.1 No 2.

Retnowati, P. dan Ekayanti, A. (2020). Think Talk Write sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. SIGMA (Kajian Ilmu Pendidikan Matematika), 6(1), 17-25.

Rohman, N. (2016). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Peta Pikiran Dengan Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Program Linear. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 5(1), 50–55.

Safitri, N., Anjaswuri, F., Sundari, F. S., dan Suchyadi, Y. (2021). The Application Of Cooperative Script Model In Social Studies Learning In Fourth Grade Gunung Gede Elementary School Bogor Utara, West Java. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding, 8(5), 51–57.

Sari, Y. P., Rusdi, R., dan Muchlis, E. E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 8–13. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.8-1.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suryaningsih, N, Lusiana, dan Mulbasari A,S, (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111–119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.