INTERPRETASI TUTURAN PERSUASIF IKLAN UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KREATIF

Firdauzia Nur Fatimah, Edy Tri Sulistyo, Kundharu Shaddhono

Abstract


Dunia modern saat ini telah memasuki era ekonomi kreatif. Di era ekonomi kreatif teknologi informasi dibutuhkan sebagai sarana untuk mempengaruhi masyarakat. Terknologi tersebut digunakan untuk mempromosikan produk. Melalui promosi produk diharapkan dapat dapat mendorong para pelaku industri untuk menciptakan pola kerja, pola produksi dan pola pemasaran yang mengutamakan daya tarik konsumen. Hal ini menciptakan hubungan saling ketergantungan antarpelaku dunia usaha untuk mendorong semua industri agar lebih aktif, kreatif dan produktif dalam pemasaran produk. Pada bidang pemasaran, daya kreatif periklanan produk akan menjadi faktor yang dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Oleh karena itu, para pelaku dunia usaha yang ingin memasarkan produknya harus mampu menghasilkan ide-ide yang dapat menarik minat konsumen. Ide-ide yang menarik dapat tersalurkan melalui bahasa. Bahasa yang digunakan berupa tuturan persuasif. Tuturan persuasif berfungsi untuk mempengaruhi konsumen untuk melihat lebih mendalam mengenai produk yang ditawarkan. Hal ini dapat meningkatkan laba pelaku industri apabila tuturan persuaif mampu membuat konsumen tertarik dan membeli produk.

Kata kunci: interpretasi, tuturan persuasif, ekonomi kreatif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.