Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web pada Pelayanan Kebahasaan di Unit Pelayanan Teknis Bahasa Universitas Haluoleo Kendari

Irfan Fadhil, Imam Much Ibnu Subroto, Hud Munawar

Abstract


Pada Unit Pelayanan Teknis Bahasa Universitas Haluoleo Kendari proses pelayanan pendaftaran kegiatan dilakukan secara manual yakni masih menggunakan metode paper based, selain itu untuk penyimpanan data kegiatan hanya menggunakan buku besar dan disimpan pula dalam bentuk soft file berupa file Microsoft Word dan Excel. Adapun untuk aktifitas penyampaian informasi seperti pengumuman yang berkaitan dengan kegiatan dilakukan dengan menggunakan fasilitas madding pada lembaga terkait dan menggunakan SMS (Short Message Service) yang dikirimkan ke masing-masing pihak yang mengikuti kegiatan pada lembaga terkait. Dengan seluruh proses tersebut, menyebabkan beberapa masalah dalam efisiensi waktu dan kesulitan dalam pencarian data sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya pelaksanaan kegiatan-kegiatan dan pelayanan jasa yang ada pada UPT Bahasa UHO Kendari. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibangun sebuah system informasi pelayanan kebahasaan berbasis web yang dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran kegiatan, pendataan kegiatan dan peserta kegiatan, pengiriman informasi dan pengumuman, penilaian sampai ke pengarsipan data kegiatan terkecuali proses pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan implementasi dan pengujian system yang dibangun dapat disimpulkan bahwa system informasi pelayanan kebahasaan dapat mengefisiensikan dan mempercepat proses kerja administrator lembaga terkait dalam mengorganisisr data kegiatan, juga dapat memberikan kemudahan bagi pihak yang ingin mengikuti kegiatan maupun menggunakan pelayanan jasa pada lembaga terkait.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.1.1.60-72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia