Deteksi Plagiat Tugas Akhir dengan Metode Jaccard Similarity

Sapto Utomo, Imam Much Ibnu Subroto, Andi Riansyah

Abstract


Syarat menyelesaikan Tugas Akhir sebelum sidang Tugas Akhir harus membuat Laporan Tugas Akhir dimana mahasiswa dalam pembuatan Laporan Tugas Akhir bisa melihat Laporan Tugas Akhir dari kakak tingkat yang sudah menyelesaikan Laporan Tugas Akhir yang sudah disetujui oleh Dosen Pembimbing atau juga bisa mencari referensi lain diinternet baik jurnal maupun paper. Untuk mencegah adanya unsur plagiarisme dalam pembuatan Laporan Tugas Akhir mahasiswa tidak boleh meniru persis kata atau kalimat yang akan dijadikan sebagai acuan dari pembuatan Laporan Tugas Akhir. Oleh sebab itu dibuatlah sebuah sistem “Deteksi Plagiat Tugas Akhir Dengan Metode Jaccard Similarity Pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Sultan Agungâ€. Pada proses pendeteksian dalam sistem melewati proses preprocessing yang terdiri dari tahap case folding dimana sebuah kalimat dalam Laporan Tugas Akhir disetarakan hurufnya menjadi kecil semua dari huruf kapital menjadi huruf kecil. Tahap filtering dimana didalam kalimat spasi dihapus ataupun spesial karakter lain selain huruf. Tahap stemming dimana dari proses filtering diambil kata-kata dasar, kemudian tahap stopword dimana dari hasil stemming  dipecah atau dijadikan token. Setelah itu masuk proses Metode Jaccard Similarity yaitu proses penghitungan token dari dokumen uji dan dokumen asli atau pembanding hasilnya adalah nilai similarity dari dokumen uji dan dokumen asli sehingga menampilkan hasil presentase similarity Laporan Tugas Akhir.

Full Text:

PDF

References


P. Istiana and Purwoko, “Panduan Anti Plagiarism,†Perpust. Univ. Gajah Mada, pp. 1–14, 2016.

M. A. A. Widiantoko, “Plagiat pada Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negri Yogyakarta,†Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

O. Nurdiana, J. Jumadi, and D. Nursantika, “Perbandingan Metode Cosine Similarity Dengan Metode Jaccard Similarity Pada Aplikasi Pencarian Terjemah Al-Qur’an Dalam Bahasa Indonesia,†J. Online Inform., vol. 1, p. 59, 2016.

M. A. Ro’is, “Implemenyasi Metode Jaccard Similarity Pada Aplikasi Pencarian Lirik Lagu,†Artik. Skripsi Univ. Nusant. PGRI Kediri, vol. 6, 2018.

M. Fadelillah, I. Much, I. Subroto, and D. Kurniadi, “Sistem Rekomendasi Hasil Pencarian Artikel Menggunakan Metode Jaccard ’ s Coefficient,†J. Elektro dan Inform. Unissula, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2017.

W. E. Samodra and M. A. Bijaksana, “Deteksi Kemiripan Halaman pada Al- Qur ’ an dengan Menggunakan Algoritma Rabin Karp dan Jaccard Similarity,†e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 3, pp. 7658–7664, 2018.

A. Annisa, T. Tursina, and H. S. Pratiwi, “Diagnosis Kerusakan Komputer Menggunakan Metode Similarity Jaccard Coefficient,†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 104–108, 2017.

K. Rinartha, “Simple Query Suggestion Untuk Pencarian Artikel Menggunakan Jaccard Similarity,†J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 30–34, 2017.

L. Robinson, “Implementasi Metode Generalized Vector Space Model Pada Aplikasi Information Retrieval untuk Pencarian Informasi Pada Kumpulan Dokumen Teknik Elektro Di UPT BPI LIPI,†J. Ilm. Komput. dan Inform. ( KOMPUTA ), 2014.

P. F. Ariyani, A. Rahmala, and N. Juliasari, “Implementasi Metode Stemming Tala Dan Fungsi Jaccard Pada Aplikasi Katalog Perpustakaan,†Semin. Nas. Inov. dan Apl. Teknol. di Ind. 2019, pp. 128–133, 2019.

A. . Fallis, “Implementasi Metode Tersm Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) dan Maximum Marginal Relevance untuk Monitoring Diskusi Online,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. UIN SUSKA RIAU, pp. 1689–1699, 2015.

O. Nurdiana, J. Jumadi, and D. Nursantika, “Perbandingan Metode Cosine Similarity Dengan Metode Jaccard Similarity Pada Aplikasi Pencarian Terjemah Al-Qur’an Dalam Bahasa Indonesia,†J. Online Inform., vol. 1, no. 1, p. 59, 2016.

S. Sunardi, A. Yudhana, and I. A. Mukaromah, “Implementasi Deteksi Plagiarisme Menggunakan Metode N-Gram Dan Jaccard Similarity Terhadap Algoritma Winnowing,†Transmisi, vol. 20, no. 3, p. 105, 2018.

J. Evan Harya Chandra, V. Christiani M, and D. S.Naga, “Plagiarisme Abstrak Menggunakan Algoritma Winnowing dan Synsets,†J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., no. Universitas Tarumanagara Jakarta, pp. 121–129, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.4.2.132-141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia