Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor dan Algoritma A-Star pada Sistem Navigasi Ruangan Berbasis Wi-Fi Fingerprint Positioning

Lanang Bagus Prakarsa, Badieah Badieah, Sri Mulyono

Abstract


Area publik merupakan suatu area dimana lokasi tersebut menjadi pusat masyarakat umum untuk beraktifitas. Sebuah area publik biasanya mempunyai area yang luas dengan berbagai sub area yang terdapat di dalamnya. Contoh dari area public adalah mall, bandara, stasiun, museum, alun-alun, dan lain-lain. Pengunjung baru suatu public area biasanya kebingungan saat ingin menulusuri tempat-tempat di dalamnya. Akan sangat memudahkan jika suatu sistem navigasi dapat diterapkan pada fasilitas umum seperti ini. Area publik dapat berbentuk indoor maupun outdoor. Sistem navigasi berbasis satelit seperti GPS mempunyai keterbatasan jika diterapkan pada area indoor disebabkan oleh suatu kondisi yang disebut line of sigh yaitu suatu kondisi dimana tidak memungkin terjadinya transmisi sinyal yang tidak terhalang antara perangkat dan satelit. Wi-fi fingerprint positioning merupakan salah satu metode alternatif dalam sistem penentuan posisi dengan memanfaatkan wi-fi access point sebagai transmitter. Jangkauan sinyal wi-fi yang cukup luas dan kebutuhan perangkat yang minimal dapat menjadi solusi optimal untuk membangun suatu sistem navigasi dalam ruangan. Prototipe sistem navigasi dalam ruangan dikembangkan di area lantai 3 gedung Fakultas Teknologi Industri Unissula sebagai studi kasus penelitian. Prototipe diimplementasikan dengan metode fingerprint positioning dan algoritma k-NN untuk dapat melakukan pemposisian, serta algoritma A-star untuk melakukan pencarian rute navigasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe dapat menentukan posisi pengguna serta memberikan rute navigasi dengan baik.


Full Text:

PDF

References


E. Suripto Pasinggi, S. Palelleng, and F. Boas Gallaran, “Literature Review: Arsitektur Sistem Penentuan Posisi di Dalam Ruangan,†2018.

Z. L. Deng, Y. P. Yu, and L. M. Xu, “Wireless Location and Navigation in Indoor and Outdoor,†Beijing University of Posts and Telecommunications Press: Beijing, China, 2013.

S. Xia, Y. Liu, G. Yuan, M. Zhu, and Z. Wang, “Indoor fingerprint positioning based on Wi-Fi: An overview,†ISPRS International Journal of Geo-Information, vol. 6, no. 5. MDPI AG, May 01, 2017. doi: 10.3390/ijgi6050135.

Y. B. Bai et al., “A new method for improving Wi-Fi-based indoor positioning accuracy,†Journal of Location Based Services, vol. 8, no. 3, pp. 135–147, Jul. 2014, doi: 10.1080/17489725.2014.977362.

A. R. Musthafa, R. V. H. Ginardi, and A. Arunanto, “Sistem Navigasi Indoor Menggunakan Sinyal Wi-fi dan Kompas Digital Berbasis Integrasi dengan Smartphone untuk Studi Kasus pada Gedung Bertingkat,†Jurnal Teknik ITS, vol. 5, pp. A448–A452, 2016.

D. Yuputra Permana, A. Handojo, and J. Andjarwirawan, “Aplikasi Indoor Positioning System Menggunakan Android dan Wireless Local Area Network Dengan Metode Fuzzy Logic Indoor Positioning System.â€

Suyanto, Machine Learning. “TIngkat Dasar dan Lanjut.†Informatika Bandung, 2018.

X. Cui and H. Shi, “A*-based Pathfinding in Modern Computer Games,†2011.

M. A. Cahyadi, M. A. B. P, Wi. Widhiarso, and Y. Yohannes, “PERBANDINGAN ALGORITMA A*, DIJKSTRA DAN FLOYD WARSHALL UNTUK MENENTUKAN JALUR TERPENDEK PADA PERMAINAN ‘BACTERIA DEFENSE,’†2017.

Google Developers, “WifiManager Android API,†https://developer.android.com/reference/android/net/wifi/WifiManager.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.4.3.190-201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia