Prediksi Masa Studi Mahasiswa Berbasis Case Based Reasoning Menggunakan Cosine Similarity Retrieval

Nur Ramadhanif, Imam Much Ibnu Subroto, Asih Widi Harini

Abstract


Program pendidikan Sarjana di Indonesia yang telah mendapatkan akreditasi dari Dewan Pendidikan dan BAN-PT selalu berupaya untuk terus ditingkatkan kualitasnya, terutama setelah melalui proses penilaian. Kualitas tersebut diukur dengan menggunakan sembilan kriteria dan item data/penilaian, salah satunya adalah mahasiswa serta luaran dan capaian tridharma. Faktor yang diperhitungkan antara lain masa studi dan IPK, terutama yang berkaitan dengan nilai. Program Pendidikan Sarjana (S1) Teknik Informatika, merupakan program Pendidikan Berkelanjutan yang memiliki beban studi minimal 144 SKS dengan masa studi 7 hingga 14 semester menurut kurikulum 2012.Case-based reasoning (CBR) adalah teknik penalaran yang dapat memecahkan masalah dengan mengidentifikasi jawaban atas kasus baru dengan menggunakan contoh-contoh sebelumnya yang serupa dengan kasus yang telah terjadi. Prosedur untuk mengukur nilai atribut agar dapat berada dalam rentang yang ditentukan dikenal sebagai normalisasi. Metode Cosine Similarity merupakan metode yang digunakan untuk menghitung kemiripan (tingkat kesamaan) antar dua buah objek. nilai cosine similarity atau kemiripan antara kasus baru dengan basis kasus yang sudah ada mendapatkan nilai yang terdekat atau tertinggi, tetapi beberapa data masih menunjukkan nilai ketepatan prediksi yang belum tepat. Hasil evaluasi sistem menggunakan MAPE diperoleh eror yang kecil yaitu hasil 8,6% dan tingkat akurasi sistem 91,4% mengartikan model peramalan yang digunakan pada sistem berbasis Case Based Reasoning dengan metode Cosine Similarity memiliki kemampuan yang sangat baik untuk digunakan proses perhitungan dalam memprediksi masa studi mahasiswa.

Kata Kunci : Prediksi, Masa Studi, Case Based Reasoning, Cosine Similarity


Full Text:

PDF

References


BAN-PT, “Akreditasi Perguruan Tinggi Kriteria dan Prosedur 3.0,†Badan Akreditasi Nas. Perguru. Tinggi, p. 18, 2019.

T. Akademik, “Panduan akademik 2021/2022,†FTI UNISSULA, 2021.

K. Hafidh, “Mamprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Metode Jaccard Coefficient,†J. Sist. dan Teknol. Inf., 2015.

Annisa, Tursina, and H. S. Pratiwi, “Diagnosis Kerusakan Komputer Menggunakan Metode Similarity Jaccard Coefficient,†J. Sist. dan Teknol. Inf., 2017, doi: 10.1109/LCOMM.2004.825723.

J. Firdaus, I. Y. Purbasari, and M. H. P. Swari, “Implementasi Case Based Reasoning Pada Sistem Prediksi Masa Studi dan Predikat Kelulusan Mahasiswa,†J. Inform. dan Sist. Inf., 2020.

Pressman, “http://eprints.uny.ac.id/62678/2/BAB%20II.pdf,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2012, [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/62678/2/BAB II.pdf.

M. Adib et al., “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ikan Nila Berbasis Metode Bayes di Desa Pangkalan Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati.â€

H. T. and S. Tanadi., “Pengembangan Case Based Reasoning pada Aplikasi Pemesanan Kain Berdasarkan Studi Kasus pada CV. Mitra KH Bandung,†J. Inform., vol. 4 No.2, pp. 135–148, 2008, [Online]. Available: http://majour.maranatha.edu/index.php/jurnal-informatika/article/view/286/pdf.

M. E. Soinbala, D. R. Sina, M. Boru, J. I. Komputer, and U. N. Cendana, “Case Based Reasoning Untuk Mendiagnosis Gizi Buruk Pada Anakusia 0-5 Tahun Menggunakan Metode,†vol. 7, no. 1, pp. 67–71, 2019.

Khoiri, “pengertian-dan-cara-menghitung-mean-absolute-percentage-error-mape @ www.khoiri.com,†2020. https://www.khoiri.com/2020/12/pengertian-dan-cara-menghitung-mean-absolute-percentage-error-mape.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.4.2.142-151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia