Analisa Drop Tegangan pada Feeder K3 Gardu Induk Kota Kabupaten

Ida Widihastuti, Dedi Nugroho

Abstract


Feeder 3 Gardu Induk Kudus memliki panjang feeder mencapai 16,62 km, oleh karena itu untuk mengantisipasi drop tegangan berlebihan maka sistem tegangan disisi pangkal feeder tersebut menggunakan tegangan 20,9 kV atau 4,5% dari tegangan standar PLN 20 kV. Untuk mengetahui unjuk kerja sistem tegangan tersebut terhadap drop tegangan di titik – titik tertentu sepanjang feeder, maka diperlukan perhitungan drop tegangan. Metode  yang digunakan dalam riset ini adalah melakukan perhitungan drop tegangan disepanjang seksi – seksi feeder  berdasarkan data-data ril, diantaranya panjang seksi feeder, jenis, ukuran dan impedansi konduktor dan beban harian rata – rata feeder. Perhitungan dilakukan untuk kondisi real time dengan tegangan 20,9 kV dan perhitungan secara simulasi dengan asumsi tegangan sumber feeder 20 kV, mengacu pada tegangan nominal PLN untuk feeder primer. Hasil simulasi memperlihatkan bahwa drop tegangan di titik ujung feder dengan tegangan real sumber 20,9 kV adalah 19,06 kV atau mengalami drop tegangan 8,88 %.   Jika merujuk pada tegangan standar PLN untuk tegangan sistem 20 kV maka batas maksimum drop tegangan diizinkan adalah 5% atau 19 kV, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem feeder tersebut diatas telah mengalami kondisi kritis, meskipun masih dapat dizinkan, namun  dampaknya beban – beban diujung feeder akan mengalami gangguan seperti ketidakstabilan tegangan karena tegangannya berada diambang kritis, oleh sebab itu perlu adanya upaya untuk memperbaiki profil tegangan tersebut.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

T. Susilo, “Analisis Perbaikan Drop Tegangan Pada GI 20 kV Dengan Metode Pelimpahan Beban(Studi kasus GI Kalisari Dan GI Krapyak Wilayah Rayon Semarang Barat),†p. 80, 2017.

Suswanto, “konsep dasar jaringan,†konsep dasar Jar. Distrib., 2009.

PLN P3B JAWA BALI, “PEMBAGIAN SISTEM PENYALURAN TENAGA LISTRIK.â€

B. L.Tobing, Peralatan Tegangan Tinggi. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2003.

TONI, “Gardu Induk,†http://tonidosen.blogspot.com/2017/08/mata-kuliah.html. .

M. Djiteng, Operasi Sistem Tenaga Listrik. 2006.

S.Lily, “Analisa Rugi-rugi Daya Pada Jaringan Distribusi,†E-Journal Tek. Elektro Dan Komput., 2015.

D. Di and P. T. Pln, “Analisa Rugi â Rugi Daya Pada Jaringan Distribusi Di PT. PLN Palu,†E-Journal Tek. Elektro Dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 64–71, 2015.

PT.PLN (Persero), Peraturan SPLN No.72 Tahun 1987. .

R.Prabowo, “Simulasi Aliran Daya Pemasangan Distributed Generation Pada Sistem Distribusi 12,5 kV Standar IEE 18 Bus Dengan Menggunakan Software Etap Power Station 4.0.0,†2012




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.4.3.208-217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia