Identifikasi Daging Ayam Segar Dengan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan Berbasis Hue Saturation Value (HSV)

Nova Catur Anggi Cahyo, Imam Much Ibnu Subroto, Moch Taufik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem yang bisa mengidentifikasi daging ayam berdasarkan nilai red, green, blue dari ekstrasi gambar daging. Sistem ini dibangun dengan menerapkanan metode jaringan syaraf tiruan backpropagation sebagai algoritmanya. Metode ini dipilih karena nilai akurai yang diperoleh sangat baik. Jaringan syaraf tiruan dapat menyelesaikan masalah melalui proses belajar dari contoh-contoh yang diberikan. Selama pembelajaran itu pola masukan disajikan berserta dengan pola keluaran yang diinginkan, ketika nilai keluaran tidak sesuai jaringan syaraf tiruan akan melakukan perubahan bobot sampai menghasilkan keluaran yang sesuai, hasil keluaran tersebut yang akan menjadi penentu jenis dari daging ayam. Pengujian sistem ini dilakukan dengan 60 gambar daging menghasilkan nilai akurasi 86,67%, presisi ayam segar 0,65, presisi ayam formalin 0,95 dan presisi ayam busuk 1 dengan rata-rata presisi 0,87.  Dengan dibangunnya aplikasi mobile dengan kecerdasan hasil training jaringan saraf tiruan ini dapat diandalkan untuk membantu dan mempermudah dalam mengidentifikasi kualitas daging ayam.

Full Text:

PDF

References


G. Susanto, “Cara Bedakan Daging Ayam Tiren, Berformalin dan Ayam Sehat!,†2013. [Online]. Available: http://health.liputan6.com/read/660485/cara-bedakan-daging-ayam-tiren-berformalin-dan-ayam-sehat. [Accessed: 04-Feb-2018].

J. S. Wibowo, “Deteksi dan Klasifikasi Citra Berdasarkan Warna Kulit Menggunakan HSV,†vol. 16, no. 2, pp. 118–123, 2011.

Frediansah, P. S. Sasongko, and S. N. Endah, “Sistem Temu Kembali Citra Berbasis Histogram Warna Fuzzy Untuk Pencarian Citra Berwarna,†vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2012.

Kiswanto, “Identifikasi Citra Untuk Mengidentifikasi Jenis Daging Sapi Dengan Menggunakan Transformasi Wavelet Haar,†2012.

A. Mustafid, “Perancangan Sistem Pengolahan Citra Digital Untuk Menentukan Bobot Sapi Menggunakan Metode Canny Edge Detection,†2016.

Hermantoro, “Aplikasi Pengolahan Citra Digital dan Jaringan Syaraf Tiruan untuk Memprediksi Kadar Bahan Organik dalam Tanah,†2011.

U. Ahmad, Pengolahan Citra Digital & Teknik Pemrogramannya. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.4.2.91-98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia