Sistem Rekomendasi Pencarian Tempat Klinik Hewan Peliharaan Menggunakan Metode Haversine Dan Metode TOPSIS

Imam Hendi Susanto, Imam Much Ibnu Subroto, Mustafa Mustafa

Abstract


Di era teknologi sekarang ini yang perkembangannya semakin pesat sistem informasi sangat dibutuhkan didalam segala bidang terutama atau khususnya dalam pencaraian lokasi seperti sistem yang akan dibangun oleh peneliti. Untuk mempermudah pencarian klinik hewan peliharaan dibutuhkan aplikasi atau sistem untuk mempermudah user dalam mencari klinik hewan peliharaan karena belum adanya sistem informasi pencarian klinik hewan peliharaan khusus untuk daerah kota Semarang. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membantu menentukan jarak terdekat dan menentukan rekomendasi klinik hewan peliharaan dengan menggunakan metode haversine dan metode topsis.Metode Haversine Formula menghitung jarak antara 2 titik dengan berdasarkan panjang garis lurus antara 2 titik pada garis bujur dan lintang dan Topsis  memiliki konsep dimana alternatif yang terpilih merupakan alternatif terbaik yang memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif dan jarak terjauh dari solusi ideal negatif.Dalam pembuatan website pencarian klinik hewan peliharaan ini telah dibuktikan bahwa metode haversine dan topsis menjadi metode yang sangat cocok dalam pengaplikasian sistem pintar dalam merekomendasikan pencarian klinik hewan peliharaan, kedua metode tersebut telah berhasil diaplikasikan dan terbukti bahwa pencarian klinik hewan peliharaan menjadi lebih sesuai dengan nilai perbandingan yang telah dicantumkan.

Full Text:

PDF

References


B. Veteriner, “Selayang Pandang Klinik Hewan,†2018. [Online]. Available: http://bavetsmg.disnakkeswan.jatengprov.go.id/index.php. [Accessed: 30-Jul-2019].

W. Yulianto, “Menentukan Jarak Terdekat Hotel Dengan Metode Haversine Formula,†Cent. Libr. Maulana Malik Ibrahim State Islam. Univ. Malang, 2015.

Ramadan, No Title. Samarinda, 2018.

S. Kasus, D. I. Ma, and A. L. Amiriyyah, Implementasi Metode Topsis Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Siswa Kelas Unggulan. 2014.

Hadi, Sistem pendukung keputusan penjurusan metode topsis (studi kasus man batam). 2015.

R. H. D. Putra, H. Sujiani, and N. Safriadi, “Penerapan Metode Haversine Formula Pada Sistem Informasi Geografis Pengukuran Luas Tanah,†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2015.

A. Kurniawan, Aplikasi Pencarian Minimarket Menggunakan Metode Haversine Formula Untuk Menentukan Jarak Terdekat. Malang, 2014.

I. Muzakkir, “Penerapan Metode Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin Pada Desa Panca Karsa Ii,†Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, p. 274, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.4.2.109-118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia