Sistem Monitor Barang Logistik dalam Ruang Gudang dengan Teknik Presence Detection menggunakan Bluetooth Beacon di Perusahaan Pengiriman Logistik

Abdul Rohman Soleh, Imam Much Ibnu Subroto, Sri Mulyono

Abstract


Logistik adalah istilah penyimpanan suatu barang dalam sekala besar yang tak dapat di pisahkan dengan bidang industri, termasuk juga pada industri jasa pengiriman logistik. Perusahaan pengiriman logistik sering mengalami kendala dalam mempertahankan kinerja memanajemen logistik di gudang. Kendala tersebut sering terjadi saat melonjaknya pasokan logistik di gudang, dan terkadang kurangnya manajemen atau komunikasi saat pembongkaran logistik disaat angkutan logistik datang yang terkadang asal masuk kedalam gate gudang, dimana perusahaan mempunyai gudang yang banyak. membuat para pekerja mengalami kesulitan dalam mencari keberadaan logistik di gudang. Penelitian bertujuan mengatasi permasalahan perusahaan pengiriman logistic dengan menggunakan teknik presence detection pada teknologi bluetooth beacon sehingga mempermudah pekerja dalam menemukan logistik di gudang diharapkan dapat mempersingkat waktu. Metode deteksi logistic dengan Bluetooth beacon menunjukkan bahwa sensor tersebut dapat mendeteksi lokasi keberadaan logistic setiap ruang Gudang dengan baik dengan jarak maksimal 100 meter. Integrasi sensor dalam sebuah sistem informasi management memudahkan admin dan manager mudah melaukan monitoring pengiriaman logistic dari dan ke Gudang logistic.


Full Text:

PDF

References


T. Nurhidayat, “IMPLEMENTASI TEKNOLOGO IBEACON (BLUETOOTH LOW ENERGI BLE) DI POLITAMA,†pp. 7–12, 2018.

I. G. Mahendra, “PENGEMBANGAN PROTOTIPE SISTEM PEMANDU CERDAS DENGAN TEKNOLOGI BEACONS (STUDI KASUS: MUSEUM BALI),†in Seminar Nasional Riset Inovatif, 2017, vol. 5, pp. 21–29.

R. Kasengkang, “Analisis Logistik (Studi Kasus Pada Pt. Remenia Satori Tepas-Kota Manado),†J. Berk. Ilm. Efisiensi, vol. 16, no. 1, 2016.

R Faragher, “An analysis of the accuracy of bluetooth low energy for indoor positioning applications,†27th Int. Tech. Meet. Satell. Div. Inst. Navig. ION GNSS 2014, vol. 1, 2014.

R. E. Putri, “Laporan Pengabdian Masyarakat Ganjil 2017-2018 (1),†2017.

P. M. Ogedebe, “Software Prototyping : A Strategy to Use When User Lacks Data Processing Experience,†vol. 2, no. 6, pp. 219–224, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.4.3.152-161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia