Sistem Pendukung Keputusan berdasarkan Prediksi Penjualan Ayam Broiler Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing

Ahmad Syarif Hidayatullah, Imam Much Ibnu Subroto, Andi Riansyah

Abstract


Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan peternakan ialah sulitnya menentukkan jumlah bibit ayam (DOC) yang perlu disiapkan agar ayam broiler bisa dijual dengan jumlah yang sesuai dengan permintaan para konsumen di saat yang akan datang. Double exponential smoothing digunakan untu peramalan jangka pendek. Model mengasumsikan bahwa data berfluktuasi di sekitar nilai mean yang tetap, tanpa trend atau pola pertumbuhan konsisten. Metode double exponential smoothing dapat diterapkan untuk memprediksi penjualan ayam broiler di perusahan peternakan ayam. Penelitian ini bertujuan untuk membangun Sistem Pendukung Keputusan berdasarkan prediksi penjualan ayam broiler menggunakan metode Double Exponential Smoothing. Penelitian ini menggunakan algoritma double expnential smoothing dan metode pengembangan prototyping.Hasil penelitian ini berupa aplikasi sistem pendukung  keputusan mampu memprediksi jumlah penjualan ayam per broiler per bulan dengan baik. Nilai error pada peramalan penjualan yaitu sebesar 10%, dihitung menggunakan metode  MAPE

Full Text:

PDF

References


R. John and S. Hansun, “Rancang Bangun Aplikasi Prediksi Penjualan Menggunakan Algoritma Double Exponential Smoothing Berbasis Web (Studi Kasus: Pt. Sanpak Unggul),†J. Inform., vol. 14, no. 1, pp. 28–35, 2017, doi: 10.9744/informatika.14.1.28-35.

M. Dahlan, M. Jauharul, and D. S. Utsalina, “Sistem Informasi Peramalan Penjualan Kripik Pisang Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing Berbasis Web Pada Toko Tiga Putra Di Lumajang,†Semin. Nas. Sist. Inf., no. 14 September, pp. 676–686, 2017.

D. S. Santoso, “IMPLEMENTASI METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING DALAM MEMPREDIKSI JUMLAH PENJUALAN BARANG PADA TOKO KARYA BANDUNG,†2018.

Andayati, “Sistem Pendukung Keputusan Pada Organisasi dengan metode DSS.pdf.†2010.

R. Susanto and A. D. Andriana, “Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping,†Maj. Unikom, vol. 14, no. 1, pp. 41–46, 2016.

I. Purnamasari, “Menggunakan Metode Pemulusan Eksponensial,†2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.4.2.99-108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia