Perbedaan Antara Program Full Day School Dan Reguler Terhadap Perkembangan Psikososial Siswa Smp Negeri Di Kecamatan Ngaliyan

Meita Althofaroh Rudyani, Indra Tri Astuti, Herry Susanto

Abstract


Pendahuluan: Penelitian ini membahas tentang perkembangan psikososial remaja di lingkungan sekolah yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara program full day school dan reguler terhadap perkembangan psikososial remaja. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden sebanyak 228 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling. Hasil: Analisa statistik diperoleh jumlah perkembangan psikososial tidak normal pada program full day school sebanyak 73 siswa (64,0%), sedangkan pada program sekolah reguler berjumlah 55 siswa (48,2%). Hasil uji Chi-Square dengan koreksi Yates (continuity corretion) didapatkan p-value sebesar 0,023. Diskusi: Terdapat perbedaan yang bermakna antara program full day school dan reguler terhadap perkembangan psikososial pada siswa kelas VII di SMP Negeri di Kecamatan Ngaliyan.

Kata Kunci: Full Day School, Perkembangan Psikososial, Remaja, Sekolah Reguler


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26532/.v1i1.2896

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26532/.v1i1.2896.g2105

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.