Pelayanan Syariah dalam Bidang Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit

Muh Abdurrouf, Cindy Rosalia

Abstract


Pendahuluan: Kepuasan merupakan penilaian seseorang setelah menerima jasa/pelayanan, Pasien yang puas akan cenderung menggunakan kembali pelayanan rumah sakit dan pasien akan meninggalkan rumah sakit apabila merasa tidak puas. Pelayanan syariah dalam bidang keperawatan adalah pelayanan yang diberikan perawat berdasarkan qur’an dan hadits yang dapat meningkatkan kepuasan pasien di rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi bagaimanakah hubungan pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di RS. Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan observasi dengan jumlah responden 130 pasien, dan teknik simple randome sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji Spearmen. Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelayanan syariah dalam bidang keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien dengan nilai p value 0,000 (p value <0,05 dan keeratan hubungan yaitu sedang (0,416) serta arah hubungannya positif. Semakin baik pelayanan syariah yang diberikan maka akan semakin meningkat kepuasan pasien.

Kata kunci: Pelayanan syariah dalam bidang keperawatan, kepuasan pasien

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26532/.v1i1.2862

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26532/.v1i1.2862.g2079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.