STUDI DESKRIPTIF KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERDASARKAN INDEX OHI-S DAN DMFT/def-t PADA ANAK USIA SEKOLAH DI WILAYAH RURAL

Nopi Nur Khasanah, Arlina Nurhapsari

Abstract


Latar belakang: Menyikat gigi dengan benar merupakan salah satu contoh perilaku proaktif. Budaya menyikat gigi dengan benar yang dilakukan oleh setiap individu akan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Budaya tersebut dapat menurunkan masalah kesehatan gigi dan mulut akibat terbentuknya plak, kalkulus, maupun adanya karies gigi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kesehatan gigi dan mulut anak usia sekolah yang berada di kawasan rural berdasarkan index OHI-S dan DMFT/def-t. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain cross sectional. Identifikasi kesehatan gigi dan mulut menggunakan index OHI-S dan DMFT/def-t yang dilakukan oleh dokter gigi. Populasi anak di SD N Kembangarum 4 dijadikan sampel dalam penelitian ini (total sampling). Hasil: Nilai rerata index OHI-S adalah 1,4263 (tingkat kebersihan sedang) dalam rentang 1,1973 – 1,6553 pada 95% CI. Rerata index DMFT/def-t adalah 3,54 (kesehatan gigi dalam kategori sedang) dalam rentang 2,88 – 4,2 pada 95% CI. Pembahasan: Penilaian kesehatan gigi dan mulut melalui index OHI-S maupun DMFT/def-t berada dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa prevalensi kesehatan gigi dan mulut belum sesuai dengan harapan WHO. SD N Kembangarum 4 Demak merupakan institusi sekolah yang berada di Kawasan rural dengan keterbatasan fasilitas yang tersedia di lingkup sekolah. Selain itu minimnya kesadaran untuk menyikat gigi dengan benar juga dialami oleh sebagian siswa/i. Simpulan: Prevalensi kesehatan gigi dan mulut anak dalam tingkat sedang. Saran: Diperlukan intervensi melalui metode menarik untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.


Keywords


Anak; DMFT/def-t; Gigi dan mulut; OHI-S; Rural

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26532/unc.v2i1.15441

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26532/unc.v2i1.15441.g5417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.