Pengaruh Toxic Positivity dan Regulasi Diri terhadap Pengambilan Keputusan Perguruan Tinggi Oleh Mahasiswa Baru
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, A. (2024). Bias kognitif dalam pengambilan keputusan analisis psikologis
Arifin, I., Khayati, R. K., & Putri, N. S. A. (2021). Kegagalan masuk perguruan tinggi negeri dalam perspektif islam dan sosial kemasyarakatan. 13(3), 167–186.
Athaya, F. H. (2022). Cognitive dissonance pada konteks berkomunikasi dan mencari informasi di ruang digital: fenomena selective exposure. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(1), 61–72. doi:10.51544/jlmk.v6i1.2535
BAN-PT, D. (n.d.). Hasil akreditasi institusi. BAN-PT. Retrieved from https://Www.Banpt.or.Id/Direktori/Institusi/Pencarian_institusi.Php.
Bandura, A. (1991). Social cognitive theory of self-regulation. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 248–287. doi:10.1016/0749-5978(91)90022
Chaniago, A. S., Lubis, E. H. N., & Lesmana, G. (2025). Mengatasi self insecure melalui penerapan bimbingan dengan topik regulasi diri. Jurnal Komprehenshif, 3(1), 1–10.
Durbisova, S. (2022). Self-regulation as a link between goal attainment and decision-making. Clovek a Spolocnost, 25. doi:10.31577/cas.2022.02.603
Galib, M., & Hidayat, M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih program studi pada perguruan tinggi. AkMen Jurnal Ilmiah, 17(2), 173–182. doi:10.37476/akmen.v17i2.888
Guritno, M. W., & Wulandari, P. Y. (2023). Hubungan interaksi orang tua dan anak dengan stabilitas emosi pada remaja akhir dalam keluarga single parent. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 10(1), 1–13.
Hasanah, A. (2023). Kesesuaian minat karir dengan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi. Journal of Classroom Action Research, 5, 198 - 202. doi:10.29303/jcar.v5iSpecialIssues.4109
Hakim, M. A., Driana, E., Widhiarso, W., & Sumintono, B. (2022). Kajian akademik penyusunan rancangan peraturan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi tentang penerimaan mahasiswa baru program diploma dan program sarjana pada perguruan tinggi negeri. Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/10/Kajian-Akademik-Penerimaan-Mahasiswa-Baru.pdf.
Herlovina, N. K. S. (2023). Pengambilan keputusan karier mahasiswa : sebuah kajian literatur. Journal of Social Science Research, 3(4), 5676–5690.
Hidayat, R., Kusumasari, I. R., Anggraini, A. D., & Maghfiroh, F. M. (2024). Memahami dinamika rasionalitas dan emosional dalam konteks pengambilan keputusan di dunia bisnis. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 2(6), 01–13. doi:10.59581/jmk-widyakarya.v2i6.4170
Hidayat, R., Kusuma, I. R., Zuhria, M. Z., & Fajar, M. (2024). Emosi sebagai komponen dalam pengambilan keputusan. MUSYTARI – Neraca Manajemen, Ekonomi, 9(8). doi:10.8734/mnmae.v1i2.359
Jindal, D. M., Gupta, A., Sharma, K., & Gill, E. (2022). Study of toxic positivity among teenagers ant its relationship with personality. International Journal of Multidisciplynary Education Research, 1(3), 35-41. doi:ijmer.in.doi./2022/11.03.106
Kojongian, M. G., & Wibowo, D. H. (2021). Toxic positivity: sisi lain dari konsep untuk selalu positif dalam segala kondisi. Psychopreneur Journal, 6 (1), 10-25. doi:10.37715/psy.v6i1.2493
Lukin, K. (2019). Toxic positivity : don't always look on the bright side. Psychology Today. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-man-cave/201908/toxic-positivity-dont-always-look-the-bright-side.
Mui, L. U., & Saili, J. b. (2024). Toxic positivity and its role among young adult workers. Journal of Cognitive Sciences and Human Development, 10(1), 50-71. doi:10.33736/jcshd.6437.2024
Nasiyati, N., & Hartati, M. T. S. (2014). Hubungan antara motivasi berprestasi dan regulasi diri dengan kemampuan mengambil keputusan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 3(4), 47–53.
Pasolong, D. H. (2023). Teori pengambilan keputusan. Bandung: Alfabeta. PDDikti. (n.d.). Statistik perguruan tinggi di Indonesia. PDDIKTI. Retrieved from https://pddikti.kemdiktisaintek.go.id/statistik
Pratiwi, I. W., & Wahyuni, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi self regulation remaja dalam bersosialisasi. 8(1), 1-11. doi:10.37721/psi.v7i2.589
Puling, H., Manilang, E., & Lawalata, M. (2024). Logika dan berpikir kritis : hubungan dan dampak dalam pengambilan keputusan. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 164–173. doi:10.55606/sinarkasih.v2i2.319
Rizky, A., & Ummanayah, U. (2021). Analisis pengukuran regulasi diri. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 137–144. doi:10.26877/empati.v8i2.8957
Rosyidah, H. F. (2024). Konsep diri masa remaja akhir dalam pengambilan keputusan karier siswa di sekolah menengah kejuruan (SMK). G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 571–580. doi:10.31316/gcouns.v8i2.4707
Samha, A. C., Angelina, T., Ramadhona, Y., Sultari, M., Aziza, A., Hussuba, F., Putri, N. A., Munandar, haris, Pasha, M. N., Anean, Z. P., Aini, N., Syahputri, Y., Rose, J. M., Andika, M. M., & Putri, R. T. (2024). Toxic positivity pada generasi z. Proceeding Conference on Psychology and Behavioral Sciences, 1(1), 90–94. doi:10.61994/cpbs.v1i1.15
Shadiqi, D. M. A. (2023). Statistik untuk penelitian psikologi dengan SPSS. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Siregar, E. Y., Nababan, E. M., Ginting, E. R., Nainggolan, B., Ritonga, D. L., & Nababan, D. (2022). Perlunya pembinaan terhadap dewasa awal dalam menghadapi tugas perkembanganya. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral, 1(2), 16–22. doi:10.55606/lumen.v1i2.39
Sukatin, Indah Purnama Kharisma, & Galuh Safitri. (2023). Efikasi diri dan kestabilan emosi pada prestasi belajar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 28–39. doi:10.24252/edu.v3i1.39695
Sumakul, Y., Langi, F. M., Waturandang, M. M. F., & Irrenne, C. (2025). Dampak toxic positivity terhadap kesehatan mental mahasiswa. 6(1), 67–74.
Syafira, A. P., & Susanti, R. E. (2025). Kontribusi adversity quotient terhadap kecemasan pada siswa kelas XII dalam persiapan ujian masuk perguruan tinggi negeri. Tsaqofah, Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(3), 2297–2313. doi:10.58578/tsaqofah.v5i3.5760
Sola, E. (2018). Decision making: sebuah telaah awal. Jurnal Idaarah, 2(2), 208 - 215. doi:10.24252/idaarah.v2i2.7004
Tarwati, K., Danismaya, I., & Safariyah, E. (2022). Analisis bias kognitif masyarakat terhadap informasi hoax tentang covid-19. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 9(1), 73–81.
Tjandra, E. (2024). Penerapan pengendalian budaya dalam mengatasi disonansi kognitif. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 11(1), 1215–1235. doi:10.35794/jmbi.v11i1.57458
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.