METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Taufiq Ziaul Haq

Abstract


The use of discussion methods in Islamic religious education in SMP N 1 Demak. The purpose of this study is the effectiveness of the method in the learning of Islamic religion and its effect on learning in Kes XI SMP N 1 Demak. From data analysis to field research methods and data collection using interviews and observations, as well as literature studies. The results show that the method of discussion conducted at school in Islamic subjects has been effective and also affects students, students like learning that is fun and involved in learning. The effects of learning using group discussion methods are as diverse as increasing achievement, increasing social interaction, increasing activity, and increasing emotional intelligence.

Keywords: Discussion Methods, Student Activeness, Benefits of Discussion


Full Text:

PDF

References


Cibro, lesmawati, and adriana y. D. Lbn.gaol. “pengaruh metode diskusi kelompok tutor sebaya terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas xi ipa sma rk serdang murni lubuk pakam t.p 2014/ 2015.†Jurnal pelita pendidikan 3, no. 4 (2015). Accessed september 24, 2019. Https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/4000.

Darajat, zakiah. Metodik khusus pengajaran agama islam. Ii. Jakarta: bumi aksara, 2001.

Djamarah, syaifudin bahri, and aswan zain. Strategi belajar mengajar. 2nd ed. Jakarta: reneka cipta, 2002.

Juniati, erlyn. “peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas vi sd.†Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan 7, no. 3 (september 18, 2017): 283–291.

Jamali, jamali. “pengaruh diskusi kelompok terhadap kecakapan sosial siswa kelas xi sman 1 masbagik.†Educatio 8, no. 1 (june 3, 2013): 46–64.

Maunah, binti. Metodologi pengajaran agama islam. Yogyakarta: sukses offset, 2009.

Ningrum, ary kusuma. “pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas viii smp negeri 8 kediri tahun ajaran 2017/2018†2, no. 1 (2018).

Salasa, zul, namora lumongga, and eddy syahrial. “pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap anak tentang phbs di sekolah dasar negeri 065014 kelurahan namogajah kecamatan medan tuntungan tahun 2013.†Kebijakan, promosi kesehatan dan biostatiskik 2, no. 1 (april 12, 2013). Accessed september 24, 2019. Https://jurnal.usu.ac.id/index.php/kpkb/article/view/2085.

Wulandari, nawang warsi. “interaksi sosial dan kecerdasan moral pada remaja.†Wacana 11, no. 2 (june 28, 2019): 185–195.

Setyaningsih, m d, and n r dewi. “pengembangan media papan permainan berbasis scince- edutainment tema makanan untuk siswa kelas viii†(2015): 8.

Sanjaya, wina. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: prenadamedia group, 2013.

Ulfah, maria. “optimalisasi hasil belajar ipa tentang sistem gerak pada manusia melalui metode diskusi dengan tehnik pembelajaran tutor sebaya.†Jurnal pendidikan tindakan kelas 3, no. 1 (2012). Accessed september 24, 2019. Http://www.i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/5.

Zaini, hisyam, bermawy, and sekar ayu aryani. Strategi pembelajaran. Iv. Yogyakarta: ctsd, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.2.2.15-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by Master Program of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia.

Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang, Indonesia 50112. Email: jurnaltadibuna@unissula.ac.id. 

Â