Rancang Bangun Sistem Pemantauan dan Kendali Kebun Hidroponik Nutrient Film Technique (NFT) Berbasis IoT

Syahrul Mifta Ramadan, Asriyadi Asriyadi, Alvian Bastian

Abstract


Berkebun merupakan hal yang umum bagi masyarakat Indonesia karena sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian dan perkebunan. Salah satu metode bercocok tanam yang saat ini digemari masyarakat adalah hidroponik. Penelitian ini untuk membangun sebuah sistem pemantauan dan kendali kebun hidroponik sistem NFT menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) yang dapat dipantau dan dikendalikan melalui aplikasi mobile. Menggunakan sensor TDS, pH air, suhu air, suhu dan kelembaban udara serta intensitas cahaya, dimana setiap sensor memiliki peranan masing-masing yang dapat mengendalikan pompa air, pompa nutrisi AB Mix dan grow light. Pengguna dapat melakukan pemantauan dan kendali kapan pun dan di mana pun secara otomatis atau manual dengan menggunakan aplikasi pada perangkat mobile. Sistem kontrol dan monitor nutrisi kebun hidroponik ini dibuat untuk mempermudah para petani ataupun masyarakat yang ingin atau sedang menjalankan sistem hidroponik ini. Karena sistem ini terdapat sensor-sensor seperti sensor TDS meter, pH meter, kelembaban dan suhu udara, sensor suhu air, serta sensor cahaya yang digunakan untuk kontrol dan monitor kebun hidroponik secara otomatis ataupun manual melalui aplikasi mobile. Implementasi IoT untuk sistem pemantauan dan kendali kebun hidroponik NFT dapat bekerja dengan baik dengan memenuhi fitur-fitur yang dibutuhkan. Adapun hal-hal yang menjadi saran sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan aplikasi agar menjadi lebih baik adalah dengan menggunakan sensor yang mumpuni dan sesuai standar yang dapat meningkatkan akurasi hasil sensing sehingga sistem menjadi lebih efektif.

Keyword: IoT, Hidroponik, NFT, Real Time, ESP32


Full Text:

PDF

References


B. P. Statistik, Keadaan Angkatan Kerja Di Indonesia, no. August 2021. Badan Pusat Statistik, 2021.

W. R. Pambudi, J. T. Elektro, F. Teknik, and U. M. Surakarta, “Prototype Sistem Pemeliharaan Otomatis Pada Pertanian Hidroponik Menggunakan Metode Aeroponik,†Tek. ELEKTRO, Univ. MUHAMMADIYAH SURAKARTA, p. iii, 2018.

M. A. Nahdi, T. Y. Putro, and Y. Sudarsa, “Sistem Pemantauan dan Kendali Suhu Nutrisi Tanaman Hidroponik Berbasis IOT,†Pros. Ind. Res., pp. 201–207, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/1390.

M. A. K. Parikesit, Yuliati, P. R. Angka, A. Gunadhi, A. Joewono, and R. Sitepu, “OTOMATISASI SISTEM IRIGASI DAN PEMBERIAN KADAR NUTRISI BERDASARKAN NILAI TOTAL DISSOLVE SOLID (TDS) PADA HIDROPONIK NUTRIENT FILM TECHNIQUE (NFT),†Sci. J. Widya Tek., vol. 17, no. 2, pp. 63–71, 2018.

E. B. Prasetya and K. Rozikin, “IOT Hidroponik Indoor Menggunakan Growing Light Dan Sirkulasi Udara Dalam Air,†TEKINFO, vol. 22, no. 1, pp. 20–28, 2021.

L. Pamungkas, P. Rahardjo, I. G. Agung, and P. Raka, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Pada Hidroponik Nft ( Nurtient Film Tehcnique ) Berbasis Iot,†J. SPEKTRUM, vol. 8, no. 2, pp. 9–17, 2021.

Syahrir, M. I. Syarif, and A. Bastian, “Rancang Bangun Monitoring Nutrisi Tanaman Hidroponik Berbasis Internet of Things (Iot),†Semin. Nas. Penelit. Pengabdi. Kpd. Masy. 2020, pp. 62–67, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/download/2387/2099.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.