PEMANFAATAN GREETING CARDS SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MENENGAH PERTAMA DALAM MEREPRESENTASIKAN PROSES VERBAL

Vera Yulia Harmayanthi, Hanifah Putri Amalia

Abstract


Siswa Sekolah Menengah Pertama secara umum berada pada kelompok umur 13 hingga 15 tahun sebagaimana data statistik pada laman kemdikbud.go.id merupakan individu yang masing-masing memiliki potensi. Keberadaan dan pemberdayaan potensi pada diri individu sangat penting untuk mengaktualisasikan karakter siswa melalui proses pendidikan. Pemanfaatan Greeting Cards adalah salah satu media untuk menggali potensi individu sebagai bentuk aktualisasi pendidikan karakter siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Ada nilai pengetahuan, kesadaran, dan tindakan pada pendidikan karakter. Penelitian ini sebagai penelitian kualitatif dengan menerapkan teori transitivitas untuk mengungkapkan proses verbal siswa melalui media Greeting Cards sebagai bentuk hasil keterampilan menulis siswa. Lima bentuk Greeting Cards siswa di Sekolah Menengah Pertama AMZ, Depok digunakan sebagai sumber data untuk memperlihatkan keberlangsungan proses verbal sebagai sebuah potensi yang berada dalam diri siswa. Hasil penelitian memberikan gambaran akan keberadaan dan pendayagunaan potensi verbal siswa yang memiliki keterlibatan dengan potensi lainnya, yaitu perilaku dan relasional. Keduanya mengungkapkan nilai kesadaran dan tindakan siswa dalam pendidikan karakter.  Kata kunci: Proses Verbal, Transistivitas, Pendidikan Karakter, dan Greeting Cards 

References


Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press

Bier, M. C., & Berkowitz, M. W. 2005. “What Works in Character Education. Leadership for Student Activities.†ProQuest Research Library. Vol. 34, No. 2, pg. 7-13

Halliday, M.A.K & Mathiessen, Chritian M.IM. 2014. Halliday’s Introduction to Functional Grammar. New York: routledge.

Moleong, L. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mustadi, A. 2011. Pendidikan karakter berwawasan sosiokultural (Sociocultural based character education) di Sekolah Dasar, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dinamika Pendidikan: Majalah Ilmu Pendidikan, FIP UNY, (18), 1-15

Mustakim, B. 2011. Pendidikan Karakter: Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Biru

Prasetyo, A., dan Rivasintha, E. 2010. Konsep, Urgensi, dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Online). (http://edukasi. kompasiana.com, diakses pada tanggal 11 November 2022).

Pusat Kurikulum. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Kemdiknas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.